Pemprov Bertekad Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

 

SAMARINDA-Pemerintah Provinsi Kaltim dalam Visi Kaltim Maju 2018 bertekad memajukan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang cerdas, terampil dan berdaya saing tinggi yang diwujudkan melalui program Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata, dan Prestasi Gemilang). 

"Era globalisasi dan berlakunya  pasar bebas ASEAN (MEA) menuntut kemampuan daya saing daerah. Keunggulan SDM merupakan kunci daya saing  yang akan menentukan siapa yang mampu menjaga kelangsungan hidup, perkembangan dan kemenangan dalam persaingan," kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, akhir pekan lalu.

Dikatakan, pembangunan pendidikan di Kaltim selama ini sudah menunjukkan banyak kemajuan dengan dicapainya sejumlah prestasi. Hal ini  ditunjukkan dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang sudah mencapai rata-rata di atas nasional.

"Namun demikian, keberhasilan itu tidak lantas membuat kita merasa sudah cukup puas, tapi bagaimana ke depan Kaltim bisa terus menghasilkan   SDM-SDM yang handal dan berkualitas," katanya. 

Mendukung sukses itu, Pemprov Kaltim  tentu  sangat membutuhkan  dukungan semua pihak  dalam upaya menciptakan dan meningkatkan daya saing SDM Kaltim. Pemprov   memberikan apresiasi  kepada  pihak  yang telah  berpartisipasi dalam  pembangunan selama ini, khususnya  dalam  menyelenggarakan pendidikan mulai dari tingkat dasar    pendidikan anak usia dini (PAUD), TK, SD, SMP dan SMA/SMK. Demikian pula perguruan tinggi.

"Diharapkan  ke depan di Kaltim memiliki universitas unggulan dengan  beberapa program studi. Ini akan sangat membantu pemerintah melahirkan SDM yang berkualitas  menghadapi persaingan global," harapnya. .

Gubernur juga menegaskan, pada prinsipnya, pemerintah tidak membeda-bedakan antara lembaga pendidikan negeri dengan swasta. Semua mendapatkan pembinaan dan bantuan sesuai dengan kemampuan daerah.

Selain itu, Awang juga minta swasta memiliki kepedulian yang sama dalam pendidikan sebagai bagian integral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation