Pemprov dan PWI Gelar UKW XVI, Gubernur Berharap Lulusan UKW Mampu Hadirkan Pemberitaan Objektif dan Berimbang


SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Biro Humas Setdaprov Kaltim kerjasama dengan  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVI.

UKW bertema Mewujudkan Wartawan Profesional Menyambut Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Negara digelar di Ruang Derawan Room Hotel MJ Samarinda.

Kegiatan selama dua hari (28-29 Oktober) diikuti 18 peserta untuk tiga kelas. Terdiri satu kelas UKW Madya (6 peserta) dan dua kelas UKW Muda (12 peserta).

Mewakili Gubernur Kaltim, Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim H Syafranudin secara resmi membuka UKW XVI. Ivan, panggilan akrab Syafranuddin, berharap peserta UKW terdiri wartawan media mampu menghadirkan suasana pemberitaan informasi yang teduh, objektif dan berimbang.

Karenanya, menurut Ivan, UKW diperlukan untuk melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat guna menjaga kehormatan wartawan.

Melalui UKW ini, lanjutnya wartawan diuji kemampuan intelektual dan pengetahuan umumnya. Kemampuan untuk memahami etika, hukum pers, konsepsi berita, penyusunan dan penyuntingan berita serta bahasa.

"Karena disinilah dapat diketahui tentang profesionalitas wartawan dalam mencari, memperoleh, menyimpan, memiliki, mengolah, membuat dan menyiarkan berita," jelasnya.

Sementara Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat Fathurrahman mengungkapkan PWI bekerjasama dengan berbagai pihak telah menyelenggarakan 120 UKW dengan meluluskan 16 ribu wartawan.

"UKW ini berawal dari keinginan PWI dan komponen pers serta tokoh-tokoh pers ada ukuran bagi wartawan itu profesional. Maka, disepakati harus melalui uji kompetensi. Sekarang kita sebut uji kompetensi wartawan dengan tiga tingkatan. Tingkatan Muda, Madya dan Utama," ujar Faturrahman.

Atas nama PWI, Faturrahman mengapresiasi Pemprov Kaktim yang telah mendukung dan bekerjasama dengan PWI di daerah menyelenggarakan UKW.

"Angkatan ini sudah yang ke 16. Tentu ini kepedulian, dukungan dan upaya yang luar biasa oleh pemerintah daerah bagi peningkatan kualitas dan kapasitas wartawan. PWI sangat berterimakasih," ucapnya.

UKW menghadirkan narasumber (tim penguji) dari Persatuan Wartawan Indonesia yakni Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat Fathurrahman, Sekretaris PWI Bali Emanuel Dewata Oja dan Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi serta penguji magang Sabir.

Tampak hadir Kabag Kehumasan Setdaprov Kaltim Andik Riyanto, Kasubbag Publikasi Inni Indarpuri, Kasubbag Data dan Dokumentasi Husein Labib, Kasubbag Internal dan Eksternal Hj Murni, pimpinan perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim dan pemimpin media massa.

Pembukaan UKW dirangkai dengan penyerahan secara simbolis sertifikat UKW Angkatan XV PWI Kaltim yang bekerjasama dengan PT Pupuk Kaltim dan PT Pertamina Hulu Mahakam. Diterima oleh Abdurahman Amin (Samarinda Pos) didampingi Ketua PWI Kalimantan Timur.

Juga penyerahan cinderamata kepada tim penguji UKW Angkatan XVI Fathurrahman, Emanuel Dewata Oja dan Endro S Efendi.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation