Pemprov Kaltim Bertekad Menambah Populasi Sapi Potong

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, usaha sapi potong di Kaltim sangat menjanjikan, karena permintaan daging sapi terus meningkat dan  peternak lokal belum mampu memenuhi kebutuhan pasar.  

"Pemprov Kaltim  bertekad menambah populasi sapi potong sebanyak mungkin untuk memenuhi kebutuhan lokal yang masih amat bergantung kepada pasokan daerah lain," kata Gubernur Awang Faroek Ishak  di Samarinda, belum lama ini. 

Untuk memenuhi permintaan pasar, gubernur mengajak pengusaha peternakan sapi  skala besar untuk berinvestasi di Kaltim. "Peluang membuka peternakan sapi baru sangat terbuka di Kaltim. Jika  perluasan peternakan sapi bisa dipercepat, ketergantungan atas sapi luar secara bertahap akan dapat ditekan," ujarnya.

Dalam usaha untuk menambah populasi sapi potong, Pemprov juga memberikan bantuan sapi kepada masyarakat, hingga sekarang pemerintah melalui petugas di lapangan terus membina peternak sapi untuk mengembangkan sapi bantuan tersebut.

"Pemprov terus mendukung usaha pengembangan peternakan sapi di Kaltim, karena  usaha tersebut  sangat menjanjikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Saya  berharap suatu saat Kaltim bisa mengekspor sapi ke negara tetangga," harapnya.

Menurutnya, upaya  mendorong  masyarakat beternak sapi terus dilakukan dengan program unggulan dan   prioritas yakni revitalisasi peternakan dengan program intergasi sawit  - sapi, juga program integrasi sapi dengan tanaman pertanian lainnya. (sar/hmsprov).

Foto : Populasi sapi potong perlu terus ditambah agar Kaltim tidak terus bergantung kepada daerah lain untuk pemenuhan kebutuhan daging. (dok/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation