Pemprov Kaltim Dukung Pengembangan IT di Daerah

SAMARINDA- Pemprov Kaltim berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan Informasi Teknologi (IT) di daerah, terutama bagi pelajar dan mahasiswa. Apalagi saat ini adalah era keterbukaan, sehingga melalui pengembangan IT diharapkan keterbukaan informasi terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah di daerah dapat diketahui seluruh masyarakat.

“Ilmu pengetahuan tentang IT memang harus kita kuasai di era global saat ini. Karena itu, Pemprov Kaltim melalui Dinas Komunikasi dan Informasi berupaya mendukung pengembangan tersebut. Caranya dengan terus memberikan dukung terhadap relawan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), sehingga pengembangan IT di daerah dapat merata,” kata Kepala Diskominfo Kaltim H Abdullah Sani usai menghadiri gelar teknologi informatikan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Minggu (2/2).

Sebagai pembina relawan TIK, Diskominfo Kaltim akan terus memberikan dukung terhadap kegiatan yang dilakukan relawan tersebut di daerah. Mulai dari seminar hingga pendidikan tentang IT bagi pelajar hingga mahasiswa.Bahkan, untuk mendukung pengembangan IT di daerah, Diskominfo Kaltim juga telah membentuk program training room, revarasi room dan studio room.

“Tujuan itu semua adalah untuk memudahkan seluruh relawan TIK untuk melaksanakan program IT di daerah dan setiap tiga bulan akan kami evaluasi,” jelasnya.

Pengembangan IT dinilai mampu mendukung sukses pembangunan yang dilakukan pemerintah di daerah. Karena hal inisebagai wujud keterbukaan Pemerintah Daerah kepada masyarakat.

Sesuai arahan Gubernur Kaltim, untuk menyukseskan program pemerintah daerah, maka semua satuan kerja perangkat daerah di Kaltim wajib memberikan informasi publik kepada masyarakat. Contoh mengenai informasi APBD Provinsi, apabila telah disahkan di DPRD, maka secara otomatis masyarakat harus mengetahui.

“Tujuan informasi publik tersebut agar masyarakat dapat mengetahui jelas bagaimana kondisi perkembangan pembangunan di daerah. Dengan mengetahui informasi, diharapkan partisipasi masyarakat dapat dilakukan, sehingga masyarakat dan Pemerintah Daerah bisa bersama-sama membangun daerah yang lebih baik. Informasi tersebut, tentu wajib disampaikan. Karena itu, pengembangan IT sangat perlu didukung,” jelasnya.(jay/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation