Pemprov Kaltim Minta Ormas Tidak Lakukan Sweeping

SAMARINDA – Pemprov melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik (Kesbangpol) Kaltim meminta kepada seluruh organisasi kemasyarakatan (Ormas) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kaltim  tidak melakukan sweeping, apalagi berbuat anarkis terhadap tempat hiburan yang terindikasi melakukan pelangaran selama Bulan Suci Ramadhan.

"Ormas tidak perlu sweeping selama Bulan Ramadhan. Serahkan kepada aparat kepolisian bersama seluruh instansi terkait yang melakukan pengawasan secara ketat," kata Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Yudha Pranoto diruang kerjanya pada Rabu (8/6).

Menurut dia, Ormas atau LSM di Kaltim harus ikut menjaga stabilitas dan kondusifitas Kaltim dengan melaksanakan kegiatan yang tidak bertentangan dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.

"Saya berharap Ormas juga bisa menjaga kondusifitas daerah, jangan berbuat anarkis apalagi sweeping yang berpotensi menimbulkan keributan," tegasanya.

Yudha juga meminta kepada seluruh Ormas atau LSM yang mengetahui adanya indikasi penjualan miras atau pelanggaran hukum lainnya tidak mengambil tindakan di luar kewenangan.

"Silahkan lapor kepada aparat. Biarlah aparat hukum yang turun ke lapangan untuk menertibkan. Jagalah kondusifitas di wilayah masing-masing untuk mendukung kesucian dan keindahan ibadah di  Bulan Ramadhan  hingga pasca Lebaran," ujarnya. (rus/es/humasprov).

Berita Terkait