Pemprov Lepas Ribuan Mahasiswa Unmul Melaksanakan KKN

ist

SAMARINDA - Ribuan mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara resmi dilepas Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor yang diwakili Kepala DPMPD Kaltim HM Jauhar Efendi di Gedung Rektorat Unmul Samarinda, Senin (1/7/2019).

Mahasiswa KKN Unmul Samarinda yang dilepas adalah Angkatan 45 Tahun 2019 terdiri dari peserta KKN Reguler sebanyak 2.263 orang, KKN CSR ASTERA 95 orang dan KKN Program Desa Sejahtera Mandiri bekerjasama Kementerian Sosial 57 orang.

Selanjutnya peserta KKN Internasional 10 orang. Bagi mahasiswa yang memenuhi syarat akan dikirim ke Negara Thailand. Sementara, peserta berasal dari negara Taiwan sebanyak 20 orang akan KKN di Indonesia tapi masih dalam proses penerimaan.

Mahasiswa KKN angkatan 45 Tahun 2019 dari berbagai jurusan yang diperlukan oleh desa/kelurahan atau sesuai kebutuhan yang dikehendaki akan ditempatkan di 10 kabupaten dan kota se-Kaltim.

"Mahasiswa memiliki peran sangat strategis. Sasaran KKN adalah masyarakat desa maupun kelurahan yang memang perlu diberikan bimbingan, pembinaan dan penyuluhan dalam hal manajemen pembangunan, pelestarian lingkungan, pemanfaatan SDA dan pengembangan SDM yang berdampak positif terhadap peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa," kata Jauhar.

Untuk itu, diharapkan agar hasil kegiatan KKN dijadikan bahan evaluasi atau kajian para pihak terutama Pemprov, Pemkab/Pemkot atau dinas/instansi terkait.

Bagi Unmul, diharapkan terus melaksanakan evaluasi dan kajian dalam upaya penyempurnaan dan menciptakan metode yang sesuai dengan kondisi dan tuntutan yang berkembang saat ini dalam masyarakat.

"Bagi mahasiswa diberikan penghargaan dan apresiasi. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diharap mahasiswa berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat dan terus dilanjutkan dimana pun berada. Jadilah pelopor dan penggerak pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta mendukung jalannya pembangunan Kaltim," jelasnya.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation