Pemprov Minta Wings Air Pastikan Izin Penerbangan Regional

Bandara APT Pranoto.(dok/humasprov)

SAMARINDA - Pemprov Kaltim meminta agar maskapai penerbangan Wings Air yang telah mengajukan permohonan penerbangan di Bandara APT Pranoto dan telah diterima Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto segera memastikan izin penerbangan regional sebelum 15 Juni 2018. Langkah ini tentu akan membantu arus mudik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.  

"Karena 15 Juni 2018 diperkirakan sudah lebaran dan Wings Air menyatakan siap untuk melayani penerbangan mulai waktu tersebut. Diharapkan izin mereka bisa cepat terbit dari Kemenhub, sehingga masyarakat tidak kecewa," kata Kepala Dishub Kaltim Salman Lumoindong usai Rakor Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 di Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (6/6).

Wings Air berencana melayani penerbangan mulai 15 Juni 2018 dengan rute Samarinda-Surabaya, Samarinda-Makassar dan Samarinda-Berau dengan jenis pesawat ATR-72, kapasitas 70 penumpang.

Pembukaan ini dimaksud untuk mendukung pengembangan aktivitas penerbangan di Bandara APT Pranoto serta membantu masyarakat untuk mudik lebaran. Jika izin tersebut diterbitkan, maka Wings Air siap melayani lima kali penerbangan dalam sehari mulai 15 Juni nanti.

"Makanya, kita minta pihak Wings Air bisa memastikan terlebih dulu. Kita harapkan sebelum 15 Juni sudah terbit izin penerbangan tersebut. Sehingga, dengan begitu masyarakat Kaltim, baik yang berada di Samarinda, Tenggarong, Bontang dan Kutim bisa pulang ke Surabaya maupun Makassar pada hari lebaran," jelasnya.

Dibukanya penerbangan tersebut diyakini akan membantu mengurangi kepadatan arus lalu lintas masyarakat yang sebelumnya memanfaatkan jalur Balikpapan. Bahkan, masyarakat yang pulang kampung ke Surabaya maupun Makassar akan lebih cepat bertemu dengan keluarga mereka. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait