Pemprov Siap Pulangkan Manusia Perahu

Pemprov Siap Pulangkan Manusia Perahu

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim menegaskan siap memulangkan manusia perahu yang masih ada di perairan Kepulauan Derawan. Dikhawatirkan kondisi tersebut menjadi modus negara tetangga yaitu Malaysia untuk mengambil kekayaan alam di negari ini, khususnya di Kepulauan Derawan. Bahkan bisa jadi sebagai upaya untuk mengakui kepulauan tersebut oleh negara tetangga.

Hal ini sudah disampaikan ke Pemerintah Pusat. Tetapi, prinsipnya Pemprov Kaltim bersama Pemkab Berau segera memulangkan manusia perahu tersebut. “Ini mereka lakukan berulang kali. Jadi, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten tegas untuk memulangkan mereka,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (26/11).

Hingga kini, Pemprov Kaltim bersama Pemkab Berau masih mengidentifikasi identitas manusia perahu. Setelah itu, barulah dilakukan peemulangan

“Kami tidak ingin, dengan  alasan sebagai manusia perahu. Kemudian seenaknya mengambil kekayaan sumber daya alam daerah ini. Karena itu kita harus bertindak tegas agar tidak terulang lagi,” tegasnya.(jay/es/hmsprov)   

 

/////FOTO : Pulau Maratua terlihat dari arah laut. Pulau ini termasuk bagian terluar kawasan NKRI yang wilayah lautnya sering menjadi sasaran pencurian kekayaan laut oleh nelayan asing, termasuk nelayan yang dikenal sebagai manusia perahu.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait