Pemuda dan Pramuka Terima Anugerah Kaltim 2016

SAMARINDA – Bentuk komitmen dan dukungan terhadap pengembangan kegiatan Gerakan Pramuka dan kepemudaan di daerah. Pemerintah Provinsi Kaltim memberi penghargaan bagi anggota Pramuka, pemuda pelopor dan Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan (PSP3).

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim H Fachruddin Djaprie, penghargaan diberikan pemerintah guna memotivasi kegiatan yang bertujuan terbentuknya generasi yang tangguh dan unggul.

“Penghargaan ini guna memotivasi generasi kita agar lebih giat dan ulet menggalakkan Gerakan Pramuka maupun kegiatan kepemudaan di daerah,” kata Fachruddin Djaprie pada Malam Anugerah Kaltim 2016 di Conventions Hall Samarinda, Minggu (10/1).

Diungkapkan Fachruddin, pemerintah sangat menginginkan melalui kegiatan organisasi seperti kepanduan (kepramukaan) dan kepemudaan maka tercipta generasi yang berkualitas dan tangguh.

Dia menjelaskan penilaian yang dilakukan Dispora dan kwartir daerah (Kwarda) terhadap program dan aktivitas serta kegiatan masing-masing gugus depan, kwartir ranting maupun kwartir cabang hingga berprestasi.

Sementara Kepala Bidang Pemuda H Syahril mengatakan penghargaan bagi pemuda berprestasi sebagai pelopor terdapat lima bidang penilaian. Yakni, bidang pendidikan serta kewirausahaan, teknologi tepat guna, pertanian dan perkebunan.

“Penilaian yang dilakukan hasil seleksi dan penunjukkan yang telah dilakukan masing-masing daerah baik kabupaten maupun kota asal para pemuda berprestasi kepeloporannya,” ujar Syahril.

Selain itu, Pemprov juga memberikan penghargaan bagi Pemuda SP3 (Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan) yang dinilai berprestasi.

Pemuda SP3 merupakan para pemuda yang mengikuti program nasional selama dua tahun yang ditempatkan di daerah khususnya kabupaten dan kota di Kaltim. Penilaian dilakukan para kepala desa maupun camat setempat.(yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation