Penutupan Pelatihan Kepemimpinan V LAN, Meiliana : Harus Mampu Melakukan Perubahan

Hj Meiliana bersama Muhammad Idris dan Mariman Darto serta peserta terbaik pelatihan kepemimpinan. (masdiansyah/humasprov kaltim)

SAMARINDA – Setelah menjalani pelatihan selama tiga bulan maka secara resmi Pelatihan Kepemimpinan VI Lembaga Administrasi Negara (LAN) ditutup dan salah satu pejabat Kaltim masuk lima besar peserta terbaik yakni Karo Infrastruktur dan SDA Lisa Hasliana.

Menurut Pj Sekretaris Provinsi Kaltim Dr Hj Meiliana, setelah mengikuti pelatihan maka pejabat selaku aparatur sipil negara sudah memiliki predikat pemimpin perubahan. “Usai mengikuti pelatihan ini sudah menyandang predikat pemimpin perubahan tentu harus mampu melakukan perubahan di lingkup kerjanya,” kata Meiliana di PKP2A III LAN Samarinda, Jumat (6/7).

Perubahan yang diinginkan pemerintah adalah pimpinan yang bisa melakukan perubahan organisasinya ke arah lebih baik dengan penyelenggaraan pelayanan semakin efektif dan efesien.

Karenanya, usai mengikuti pelatihan maka pejabat eselon mampu memahami masalah di lingkup kerjanya dan segera mencari solusi bahkan perubahan ke arah lebih baik. “Pelatihan ini membentuk pemimpin yang tidak saja mampu menemukenali masalah tapi mencarikan solusi bahkan terobosan atau diskresi guna mengeksekusi masalah itu,” jelasnya.

Hal itu ungkapnya, sesuai keinginan Gubernur Awang Faroek Ishak agar pejabat di lingkup Pemprov Kaltim mampu berpikir dan bertindak secara holistic integral.

Sementara itu Deputi Bidang Diklat ASN LAN Muhammad Idris mengemukakan pelatihan merupakan diklat kepemimpinan yang strategis untuk memperkuat birokrasi. “Kita ingin orang-orang yang usai mengikuti pelatihan ini adalah para eselon dua yang memiliki kapasitas menyelesaikan masalah di lingkungan pemerintah,” ujarnya.

Dia menambahkan pejabat birokrasi hendaknya tidak lagi berpikir kedaerahan tetapi berpikir global bahkan nasional dengan loyalitas pengabdian tinggi bagi bangsa dan negara. Pelatihan selama tiga bulan (satu bulan on campus dan dua bulan out campus) diikuti 58 peserta dari Kaltim, Kaltara, Kalteng, Kalsel, Kalbar, Tidore dan Poso. 

Tampak Kepala PKP2A III LAN Mariman Darto dan pejabat Pemprov peserta pelatihan terdiri Kasatpol PP Gede Yusa, Karo Adbang Fadjar Djoyohadikusumo dan Staf Ahli Gubernur bidang Polhukam Arih Frananta Filifus Sembiring. (yans/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait