Perayaan Hari Raya Idul Adha 1436 H

Tingkatkan Kepedulian dan Jiwa Pengorbanan

SAMARINDA – Kekuatan umat yang harus dibangun adalah jiwa pengorbanan, kepekaan dan kepedulian antar sesama umat Islam. Momentum Idul Adha atau hari raya kurban memiliki makna yang besar bagi umat Islam untuk menunjukkan saling membantu dan peduli.

Momentum Idul Adha itu diungkapkan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP usai solat I’ed  (Idul Adha) bersama ribuan warga Benua Etam di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center, Kamis (24/9).

“Perayaan Idul Adha ini hendaknya jangan menjadi rutinitas saja. Tetapi mampu memberikan makna kepedulian, kepekaan serta pengorbanan bagi masyarakat dan kemajuan  Kaltim,” ujar Mukmin Faisyal.

Karena lanjutnya, penting membangun kepedulian sosial, kepekaan serta semangat dan jiwa pengorbanan melihat dari kondisi masyarakat saat ini yang masih banyak berada dalam kondisi yang memprihatinkan dan kekurangan.

Dimana kondisi ekonomi masyarakat yang berada di kalangan tidak mampu masih berada di sekitar lingkungan kehidupan bermasyarakat, sehingga menuntut tingginya tingkat kepedulian dan kepekaan sosial.

Diantaranya, bagi yang mampu dapat melaksanakan kurban (menyembelih hewan kurban) dan daging hasil dari hewan kurban itu dibagikan kepada masyarakat sekitar agar ikut merasakan momentum Idul Adha.

“Padahal sepantasnya berkurban itu dapat dilakukan tidak hanya pada hari raya Idul Adha saja. Tetapi, setiap saat sebagai bentuk kepedulian kepada sesama dan bakti serta kesyukuran kepada Allah yang telah memberikan dan melimpahkan rejeki bagi kita,” kata Mukmin.

Selain itu, pembangunan untuk kemajuan daerah serta kesejahteraan rakyat ini tidak akan terwujud tanpa adanya kepedulian dan semangat berkorban serta keterlibatan seluruh masyarakat ikut berperan didalamnya.

“Pembangunan yang kita laksanakan sekarang ini tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan kepedulian serta semangat seluruh rakyat Kaltim. Seperti riwayat Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail penuh pengorbanan demi kemaslahatan umat Islam,” ungkapnya.

 

Dalam momentum Idul Adha tahun ini, Mukmin Faiyal mengajak masyarakat Kaltim agar meraih keberkahan dan kesuksesan hidup dunia dan akhirat seperti teladan para nabi dan rasul Allah dengan menjalankan ibadah kurban.

Sementara itu Kepala Badan Pengelola Islamic Center Kaltim H Awang Dharma Bhakti menyebutkan tahun ini terkumpul hewan kurban sebanyak 26 ekor terdiri 20 ekor sapi dan enam ekor kambing.

Hewan qurban itu berasal dari bantuan Presiden Joko Widodo, Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dan Wagub Mukmin Faisyal serta Ketua DPRD Kaltim H Syahrun, Walikota Samarinda H Syaharie Ja’ang serta warga Samarinda.

Ikut hadir mendampingi Wagub Mukmin Faisyal solat I’ed, Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi, Asisten Pemerintahan H Aji Sayid Faturahman serta Asisten Ekonomi dan Pembangunan HM Sa’bani, Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun dan Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H Saifi serta Ketua MUI Kaltim KH Hamri Has.(yans/adv)

//Foto: Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal bersama Imam Besar Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center KH Fachrudin MTh. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait