Perayaan Natal Berlangsung Aman dan Tertib

Mukmin: Terus Jaga Suasana Kondusif di Kaltim
 
BALIKPAPAN – Peringatan Natal 25 Desember 2013 dirayakan oleh semua umat nasrani di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia dan Kaltim pada khususnya. Perayaan Natal di Kaltim kali ini yang berlangsung di rumah ibadah umat nasrani berlangsung khidmat dan tertib.
Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengungkapkan perayaan Natal 2013 di Kaltim berlangsung aman dan kondusif. Hal itu, ujar dia, tidak terlepas dari peran serta pihak keamanan dan seluruh masyarakat Kaltim untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan di Kaltim khususnya pada peringatan hari raya bagi umat nasrani kali ini.
“Syukurlah perayaan Natal di Kaltim, mulai dari jelang perayaan hingga hari H berlangsung aman dan kondusif. Tidak ada kejadian menonjol yang mewarnai meriahnya perayaan Natal 2013 ini. Terima kasih kepada seluruh jajaran aparat keamanan dan masyarakat dalam upayanya menciptakan suasana aman dan kondusif di Kaltim,” ucap Mukmin ketika mengunjungi Kediaman Kapolda Kaltim Irjen Polisi Dicky D Atotoy yang merayakan Natal, di Balikpapan, Rabu (25/12).
Menurut dia, Kaltim merupakan provinsi yang dikenal dengan suasana yang aman dan kondusif. Untuk itu kondisi tersebut hendaknya dapat terus dijaga dan dipelihara, baik dalam setiap peringatan hari-hari besar keagamaan maupun dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.
Karena, lanjut dia, dengan suasana yang kondusif selain memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang tinggal di Kaltim, juga dalam rangka memberikan jaminan keamanan bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di Kaltim.
“Sebentar lagi kita juga akan memperingati Tahun Baru 2014. Saya harapkan seluruh aparat keamanan baik dari unsur kepolisian dan TNI maupun unsur lainnya bersama-sama dengan masyarakat dapat menjaga ketertiban dan keamanan di Kaltim,” harapnya.
Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Polisi Dicky D Atotoy mengatakan perayaan Natal di gereja-gereja baik di Balikpapan, Samarinda maupun kabupaten/kota lainnya di Kaltim dan Kaltara berlangsung dengan khidmat dan tertib. Seluruh aparat keamanan mampu menjalankan tugasnya dengan baik.
“Saya juga dari gereja tadi, ibadah berlangsung dengan khidmat. Saya mengapresiasi semua aparat keamanan yang bertugas, karena tidak hanya mereka yang beragama kristen, tetapi yang non kristen juga ikut menjaga kekhidmatan ibadah pada Natal kali ini, sehingga suasana Kaltim tetap aman dan kondusif,” ujar Dicky.
Diketahui, Polda Kaltim bersama jajaran Polres kabupaten/kota mengerahkan sekitar 2.601 personelnya untuk berjaga di 424 gereja yang ada di seluruh Kaltim. Jumlah personel yang disiagakan di setiap gereja bervariasi, tergantung besarnya gereja, jumlah jemaat dan kegiatannya.
Pada kunjungan ke kediaman Kapolda Kaltim, Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP didampingi oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali, Asisten Administrasi H Sofyan Helmi, Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Polhukkam Ahmadi dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim S Adiyat, beserta jajaran pimpinan SKPD lingkup Pemprov. (her/hmsprov)
 

Berita Terkait