Perempuan Berperan Ciptakan Pemilu Bersih dan Bermartabat

Perempuan Berperan Ciptakan Pemilu Bersih dan Bermartabat

 

SAMARINDA–Kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) tidak hanya dapat memilih wakil rakyat di lembaga legislatif maupun presiden dan wakil presiden sebagai pemimpin yang berkualitas tetapi peranan semua pihak dalam upaya mendongkrak partisipasi politik yang semakin menurun.

Sehingga semua pihak harus berperan dan terlibat baik pemuka agama dan tokoh masyarakat termasuk tokoh dan kaum perempuan harus ikut aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya membangun pemilu yang bersih dan bermartabat serta berkualitas.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Ketua I Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Kaltim Hj Naimah Hanim pada Sosialisasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 di Aula BKOW Kaltim, Selasa (24/6).

Perempuan ujar Hanim, sangat besar peran dan pengaruhnya baik dalam keluarga terlebih  dalam kehidupan bermasyarakat. Tentunya, kondisi ini harus mampu dimanfaatkan kaum wanita untuk memberikan pemahaman tentang arti pentingnya pelaksanaan pemilu.

Dalam berbagai kesempatan wanita harus mampu mengajak masyarakat untuk menciptakan pemilu yang lebih berkualitas dengan menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan semangat kehidupan berdemokrasi. 

Selain tingginya partisipasi masyarakat yang datang secara sukarela ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyampaikan aspirasi suaranya dalam penyelenggaraan pesta demokrasi. Maka pemilu berkualitas juga dapat dilihat dari minimnya pelanggaran.

Citra Indonesia sebagai bangsa yang santun, ramah dan berbudi pekerti harus dibuktikan dengan sikap dan prilaku dalam penyelenggaraan Pilpres nanti.

“Pilpres sebagai unjuk bukti bahwa kita bangsa yang memahami demokrasi dan mampu melaksanakannya,” ujar Hanim.

Sosialisasi mengambil tema "Ciptakan Pemilu Bersih dan Bermartabat" diikuti 150 peserta dari 47 organisasi wanita yang tergabung dalam BKOW dengan narasumber Ketua KPU Samarinda Imran Ardiansyah dan komisioner Tri Wahyuni serta Panwaslu Samarinda Asmadi Asnan. (yans/sul/hmsprov)

Foto : Peserta sosialisasi Pilpres 2014 yang diselenggarakan BKOW Kaltim. (masdiansyah/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation