Perempuan Harus Tingkatkan Kualitas Diri

SAMARINDA - Momentum peringatan Hari Kartini, 21 April 2016 diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kaum perempuan untuk terus meningkatkan kualitas diri, sehingga tidak menjadi beban dalam keluarga.

Dengan semangat Raden Ajeng Kartini, perempuan Kaltim diharapkan tidak hanya berpangku tangan kepada suami, tetapi mampu berpartisipasi dalam kehidupan dan ekonomi keluarga. Meski tidak harus bekerja di luar rumah, perempuan harus bisa berkontribusi dari rumah untuk membantu suami.

“Banyak cara dilakukan kaum perempuan dalam membantu suami menghidupi keluarga. Misal, bekerja dengan memasarkan dagangan melalui sarana media online atau ada usaha keterampilan yang tidak perlu perempuan harus keluar rumah,” kata Kepala Badan Perpustakaan Daerah Kaltim Ardiningsih pada saat membuka kegiatan Hari Kartini di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda, Kamis (21/4).

Membantu suami dari dalam rumah tentu tidak sulit, asalkan setiap perempuan harus memiliki keterampilan atau skill yang baik. Karena itu, setiap perempuan harus meningkatkan kualitas skill, sehingga mampu membantu suami dari rumah.

Hal ini telah ditanamkan atau dicontohkan Raden Ajeng Kartini yang berjuang untuk keluarga. Karena itu, semangat juang Kartini jangan sampai luntur dari kaum perempuan saat ini. Kaum perempuan harus meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing dengan kaum laki-laki.

“Jadi, ada perbedaan kaum perempuan dulu dan sekarang. Dulu perempuan cenderung tidak diberikan kesempatan meningkatkan kualitas diri, hanya sebatas dalam lingkungan sekitar saja. Tetapi sekarang, kaum perempuan diberikan kebebasan untuk meningkatkan kualitas diri bahkan meningkatkan kualitas pendidikan hingga di luar negeri. Tetapi, jangan lupa kodrat sebagai kaum perempuan yang wajib memberikan pelayanan kepada keluarga,” jelasnya. (jay/sul/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation