Perhelatan TTG Nasional Perlu 4.800 Kamar Hotel

Perhelatan TTG Nasional  Perlu 4.800 Kamar Hotel

SAMARINDA – Perhelatan Teknologi Tepat Guna Nasional (TTG-N) XVI yang dijadwalkan pada 18-23 Juni 2014 diperkirakan membutuhkan 4.800 kamar bagi peserta dan undangan yang berjumlah lebih dari 7.000 orang, terdiri dari rombongan presiden, menteri terkait, para gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia serta peserta dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini dipusatkan di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda. 

Setidaknya 55 hotel berbintang dan non bintang di Samarinda telah diidentifikasi dan menyatakan siap mendukung pelaksanaan event nasional tersebut, meskipun dirasakan masih kurang.

“Ada 55 hotel kemungkinan masih kurang, karena itu kami terus mengidentifikasi keberadaan homestay dan kamar kost milik warga Samarinda yang dapat mendukung penyiapan penginapan bagi peserta. Semua telah siap untuk ditempati dan dipesan,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim, HM Jauhar Efendi didampingi Kepala Bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) Ramadhan di Kantor BPM-PD Kaltim, Selasa (6/5).

Dengan alternatif penginapan dan homestay milik masyarakat  tersebut diharapkan kemungkinan kekurangan akomodasi peserta bisa diatasi. Beban sewa untuk setiap penginapan dan homestay akan menjadi tanggungjawab peserta. Pihak panitia berharap agar seluruh peserta dari masing-masing provinsi sudah dapat memesan penginapan yang ditawarkan.

Dengan demikian, pelaksanaan TTG-N akan berdampak positif bagi masyarakat, terutama dari segi transaksi akomodasi. Dalam hitungan kasar, jika biaya hotel mencapai Rp500 ribu per orang per hari dan dikalikan lima  hari tentu pemilik hotel akan mendapatkan pemasukan mencapai Rp2,5 juta perorang.

“Belum lagi pengeluaran lain untuk belanja dan menggunakan transportasi lokal, tentu akan banyak uang yang beredar di sini. Masyarakat harus mengambil manfaat dari kegiatan besar ini,” ujar Jauhar.

Karena itu, diharapkan seluruh masyarakat, terutama pemilik penginapan dapat menjamu peserta dengan baik. Termasuk membantu menyiapjkan jasa transportasi bagi para tamu. (jay/sul/eshmsprov).

///FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal menyaksikan salah satu alat yang dipamerkan pada Perhelatan Teknologi Tepat Guna se provinsi Kaltim di Kabupaten Paser beberapa waktu lalu.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait