Kalimantan Timur
Peringatan HAB Kementerian Agama, Menag Berharap Jajaran Kemenag Jadi Agen Perubahan

ist

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor memimpin upacara bendera peringatan Hari Amal Bhakti ke-74 Kementerian Agama di Halaman Parkir GOR Segiri Jalan Kesuma Bangsa Samarinda, Jumat (3/1/2020).

Upacara diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera. Dilanjutkan mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara. Berikut pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri oleh petugas upacara.

Peringatan HAB Kementerian Agama kali ini mengangkat tema Umat Rukun, Indonesia Maju. Upacara diikuti ratusan peserta terdiri ASN lingkup Kanwil Kemenag, mahasiswa dan pelajar.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Gubernur Isran Noor, Menteri Agama RI Fachrul Razi mengajak seluruh jajaran Kemenag menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air.

"Kerukunan antar umat beragana merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi naaional," katanya.

Kemenag menurutnya, hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, jajaran Kemenag di pusat hingga daerah harus bisa mengawal dan.mengembangkan peran strategis secara kontekstual di tengah masyarakat.

Dijelaskannya, tugas utama Kementerian Agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik. Meski pembangunan infrastruktur fisik juga dilakukan Kemenag, namun itu dalam rangka menunjang pembangunan jiwa. 

Kemenag menyelenggarakan dua fungsi strategis. Yaitu fungsi agama dan fungsi pendidikan. Selama tujuh dekade perjalanan sejarah Kemenag banyak perubahan dan 

kemajuan yang dicapai dalam spektrum tugas yang begitu luas.

Seperti dalam fungsi bimbingan masyarakat beragama, pelayanan nikah, pembinaan pengelolaan zakat dan wakaf serta dana sosial keagamaan lainnya. Selain itu, penyelenggaraan ibadah haji, pendidikan agama dan keagamaan di semua jenjang, penelitian dan pengembangan serta kediklatan.

Juga pembinaan kerukunan antar umat beragama, penyelenggaraan jaminan produk halal serta penguatan tata kelola manajemen dan organisasi sesuai dengan agenda Reformasi Birokrasi.

"Seiring dengan agenda Reformasi Birokrasi, Restrukturisasi dan Penyederhanaan Birokrasi, kita semua dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan pelayanan publik yang mengedepankan prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas serta bebas dari KKN," tegas Fachrul Razi.

Upacara dirangkai penyerahan anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya (SLKS) kepada 46 ASN di lingkup Kementerian Agama Provinsi Kaltim.

Tampak hadir Wakil Walikota Samarinda HM Barkati, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim H Sofyan Noor dan Kepala Kantor Agama Samarinda H Masdar Amin, jajaran Forkopimda serta jajaran Kanwil Kemenag Kaltim dan Kantor Agama Samarinda, rektor perguruan tinggi, para kepala sekolah dan guru, tokoh masyarakat dan pemuka agama.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Menyiapkan Bom Atom Kebaikan dari Kairo
Menyiapkan Bom Atom Kebaikan dari Kairo

20 November 2020 Jam 08:15:06
Agama

Dukung Industrialisasi Perkebunan
Dukung Industrialisasi Perkebunan

21 Juli 2014 Jam 00:00:00
Agama

Baznas Salurkan Rp2,8 M
Baznas Salurkan Rp2,8 M

25 Juli 2013 Jam 00:00:00
Agama