Peringatan Hari Pahlawan dan Ziarah Nasional 2018, Isran : Momen Bangkitkan Energi dan Semangat Baru

Gubernur Isran Noor meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Samarinda.(syaiful/humasprov kaltim kaltim)

SAMARINDA - Peringaran Hari Pahlawan yang rutin dilakukan setiap tahun bukan semata sebuah acara dan prosesi, namun harus sarat makna dan memiliki semangat perubahan yang lebih baik. Penegasan itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 pada 10 November 2018 dan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Samarinda, Sabtu (10/11). 

Menurut Gubernur, momentum peringatan harus mampu memperkuat semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal cinta tanah air serta meneguhkan sangat pengabdian bagi bangsa dan negara. "Banyak contoh teladan yang bisa kita ambil dari para pahlawan. Momentum ini selayaknya menjadi energi dan memunculkan semangat baru," katanya.

Peringatan ini lanjutnya, selain menjadi ajang instropeksi juga momen meningkatkan semangat pengabdian tanpa pamrih yang bermanfaat bagi lingkungan dan kemajuan daerah bahkan bangsa dan negara. Terpenting menurut Gubernur, Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan kinerja untuk menransformasikan semangat kejuangan menjadi keuletan, keberanian dan kecerdasan melakukan inovasi dan terobosan.

"Musuh bersama kita saat ini adalah kemiskinan dan kebodohan. Diperlukan generasi yang kokoh, berkarakter, berbudi luhur dan peka terhadap masalah sosial dalam masyarakat," ungkap Isran.

Upacara peringatan dihadiri Danrem 091 ASN Brigjen TNI Irhan Waroihan dan Kepala  BNNP Kaltim Brigjen Pol Raja Haryono dan Kepala Kantor Kemenhan Perwakilan Kaltim Brigjen TNI Rukman Ahmad serta Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat HM Sabani.

Tampak jajaran FKPD Kaltim, pimpinan OPD di lingkup Pemprov Kaltim dan pimpinan instansi vertikal serta jajaran pejabat dan perwira Korem 091 ASN.  Peringatan  diikuti ratusan peserta terdiri TNI dan Polri, ASN dan Satpol PP serta mahasiswa IPDN dan pelajar SMK Kehutanan. 

Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan bertema Semangat Pahlawan Didadaku ini, Gubernur Isran Noor membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita. Upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara H Isran Noor dilanjutkan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 dan pesan-pesan pejuang Pahlawan Nasional oleh perwira Korem 091 Aji Surya Natakesuma. (yans/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation