Peringatan HKN ke-52 Tahun 2016, Wagub: Germas Ubah Pola dan Sikap Hidup Sehat


 

SAMARINDA - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sangat penting sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar dapat berperilaku sehat dan bertanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif.  

Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP  mengharapkan  dengan Germas yang telah dicanangka diharapkan  ada perubahan sikap masyarakat Kaltim untuk melakukan pola hidup sehat dengan selalu menjaga kesehatan, serta  dapat memahmi pentingnya hidup sehat dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih.

"Kita harapkan dengan Germas pola dan sikap hidup sehari-hari masyarakat Kaltim dapat diubah dalam menjaga kesehatan, dengan gemar berolahraga, makan sayur dan buah-buahan, serta selalu menjaga kebersihan lingkungan," kata Mukmin Faisyal usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tahun 2016 yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (14/11).

Perilaku hidup sehat akan berdampak pada kesehatan yang terjaga dan terciptanya lingkungan yang bersih. Kesehatan juga akan meningkatkan produktivitas masyarakat dan biaya yang dikeluarkan untuk berobat pun akan berkurang.

"Germas harus dilaksanakan di seluruh lapisan masyarakat, serta lintas sektor baik pemerintah pusat, daerah dan swasta untuk bersama-sama berkontribusi dalam memasyarakatkan gerakan masyarakat hidup sehat," kata Mukmin.

Sementera Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Hj Rini Retno Sukesi menjelaskan, berbagai  kegiatan telah  dilaksanakan dalam memperingati HKN ke-52 tahun 2016 seperti jalan sehat, bazar dan bhakti sosial berupa pemeriksaan kehatan seperti pemeriksanaan dini kanker  dan pencegahan penyakit menular serta  donor darah secara gratis.

"Selain itu, kita juga menyelenggarakan pertandingan futsal, lomba penyuluh kesehatan, lomba K3, serta lomba lainnya dari Saka Bhakti Husada," kata Rini Retno.

Masih dalam rangkaian peringatan  HKN ke-52, lanjut Rini,  Pemprov Kaltim melalui Dinas Kesehatan juga mencanangkan Gema Pramantik (Gerakan Bersama Pramuka Pemantau Jentik). Kemudian  memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan  yang ada di Kaltim dalam kategori  tenaga dokter, dokter gigi, tenaga perawat tenaga bidan, tenaga kesehatan masyarakat dan tenaga ahli teknologi laboratorium medik.

"Tenaga farmasi, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi, serta lomba posyandu terbaik, serta pemberian penghargaan kepada pelabuhan dan bandara sehat yang telah mendukung pembangunan kesehatan di Kaltim," kata Rini Retno Sukesi. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation