Peringatan HUT Proklamasi RI ke-73, Pemprov Kaltim Bentuk Kepanitiaan

Meiliana

SAMARINDA - Walaupun peringatan  Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Republik Indonesia ke-73 tahun  2018 masih menyisakan waktu  satu bulan lebih, Pemprov Kaltim  telah  membentuk kepanitiaan. Sekprov Kaltim  Dr Hj  Meiliana yang juga penanggungjawab Panitia Penyelenggara HUT Proklamasi RI ke-73 Tingkat Provinsi Kaltim mengatakan ada beberapa acara seremonial yang akan dilakukan. Diawali  ramah tamah Gubernur Kaltim bersama jajaran perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredatama, warakawuri dan Angkatan 45.

Kemudian pelaksanaan penganugrahan Satya Lencana Karya Satya, pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih dan  penyerahan remisi kepada narapidana  yang akan dilaksanakan di Lapan Kelas II A Samarinda. Kemudian pada malam harinya akan dilakukan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Samarinda.   

"Tanggal 17 Agustus tepat pukul 10.00 Wita dilaksanakan upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI ke-73 dan bertindak selaku inspektur upacara Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak yang akan dilaksanakan di Stadion Madya Sempaja Samarinda. Selanjutnya pukul 17.00 Wita akan dilakukan upacara penurunan bendera," papar Meiliana usai pembentukan Panitia HUT RI ke-73 Tahun 2018 yang digelardi Ruang  Rapat Tepian I  Kantor Gubernur Kaltim, Kamis, (28/6).

Masih dalam rangkaian HUT Proklamasi, lanjut Meiliana  pada malam harinya dilakukan acara syukuran di Plenary Hall Sempaja Samarinda yang akan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala OPD di lingkup Pemprov Kaltim dan Kota Samarinda,  para veteran,  Korem/Kodim, Anggota Paskibra, mahasiswa serta para pelajar.

"Untuk  acara hiburannya kita panitia sudah menyiapkan berbagai kegiatan hiburan bahkan  rencananya akan mengundang artis ibukota, namun pada saat rapat perdana tadi  belum ditentukan artis siapa yang diundang. Nanti setelah rapat pemantapan akan diusulkan," kata Meiliana.  

Keesokan harinya, pada 18 Agustus  2018 akan dilaksanakan pawai pembangunan diikuti OPD provinsi dan kabupaten/kota, paguyuban, ormas, mahasiswa, pelajar maupun beberapa komunitas di daerah.   

"Kemudian pada tanggal 29 Agustus sampai 2 September  dilakukan pameran pembangunan dan Kaltim Expo 2018 yang akan dipusatkan di Convention Hall Sempaja Samarinda. Kegiatan itu akan diikuti oleh seluruh OPD provinsi, kabupaten/kota, BUMD, UMKM, koperasi serta peserta lainnya," kata Meiliana. (mar/sul/ri/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation