Perpusnas Gelar Bimtek Pustakawan, Gubernur Tegaskan Pemerintah Terus Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pengelola Perpustakaan

Bimtek Pustakawan (ist)

SAMARINDA - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Aswin, mewakili Gubernur Kaltim membuka  Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Pengelola Perpustakaan Seluruh Provinsi di Indonesia 2019. Kegiatan kerjasama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim dilaksanakan di Hotel Horison Jalan Imam Bonjol Samarinda.

Aswin mengatakan Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi para pustakawan. Sebab mereka tidak saja melayani pinjam meminjam buku. "Tapi harus mampu menyampaikan informasi yang edukatif dan promotif kepada masyarakat. Terkait potensinya maupun hal lain guna peningkatan taraf hidupnya," kata Aswin, Kamis (2/5/2019).

Sementara  Pustakawan Ahli Utama  Perpusnas Adriati mengemukakan Bimtek selain diberi materi juga praktek aplikasi melalui teknologi informasi. "Ilmu pengetahuan dalam genggaman. Sebab informasi yang kita simpan di perpustakaan didayagunakan untuk maayarakat melalui aplikasi online," uhar Adriati.

Dirinya sangat berharap pustakawan terus mengasah kompetensi dan keterampilannya, sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak saja dalam bentuk konvensional (buku cetak). Tapi buku-buku digital secara online (internet). Bimtek dilaksanakan selama dua hari (2-3 Mei) diikuti 150 peserta dari sembilan kabupaten dan kota se-Kaltim (Kabupaten Mahakam Ulu tidak hadir). (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation