Perusahaan Patut Contoh PKT

* Perusahaan Salurkan CSR untuk Pendidikan

 

SAMARINDA–Komitmen PT Pupuk Kaltim (BUMN) mendukung program peningkatan sumber daya manusia Kaltim yang berkualitas patut menjadi contoh bagi perusahaan BUMN dan swasta di daerah ini. 

“Beasiswa pendidikan bagi pelajar yang diberikan Pupuk Kaltim perlu dicontoh perusahaan lainnya. Pendidikan bukan saja tanggungjawab pemerintah tetapi kewajiban kita semua guna kemajuan SDM daerah,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak usai pelepasan mahasiswa penerima beasiswa pendidikan untuk ISBI, ITK dan Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (15/8).

Menurut Awang, pendidikan merupakan program prioritas pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan SDM yang berkualitas serta berdaya saing tinggi. Maka, peranan pihak swasta dalam corporate social responsibility (CSR) untuk  masyarakat sangat diharapkan.

Banyak perusahaan dari berbagai sektor usaha yang melakukan kegiatan usahanya di Kaltim namun bentuk kepedulian mereka masih belum maksimal. Padahal, peran serta pihak swasta sangat dibutuhkan untuk mendukung sukses program pembangunan daerah.

“Saya sangat berterimakasih kepada PKT dan berharap agar perusahaan lain dapat mengikutinya. Sehingga kita dapat fokus membangun SDM yang lebih berkualitas dan mampu mengelola daerah ini lebih baik menuju Kaltim yang lebih maju dan sejahtera,” harap Awang.

Sementara itu Manager Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PKT Fatimah Ulfah menyebutkan tahun ini perusahaan pupuk ini memberikan beasiswa kepada 24 pelajar Kaltim berprestasi untuk mengikuti pendidikan di Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Surabaya serta Institut Pertanian Bogor.

“Program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKPP) memberi beasiswa penuh 24 pelajar berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi untuk pendidikan di perguruan tinggi. Seluruh biaya pendidikan dan biaya hidup ditanggung perusahaan hingga lulus,” ujar Fatimah Ulfah.

Tahun ini merupakan angkatan keenam (2008-2013) dari realisasi program PKPP, sedangkan pelajar yang menerima beasiswa penuh sebanyak 111 pelajar dan 15 mahasiswa diantaranya telah lulus pendidikan. Dua diantaranya lulus dengan prestasi cumlaude. Tampak hadir Kepala Perwakilan Cabang PKT Samarinda Adi Datta. (yans/hmsprov)

//Foto: Gubernur Awang Faroek Ishak bersama penerima beasiswa pendidikan Pupuk Kaltim. (humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation