Peserta Yacht Rally Siap Ramaikan Festival Derawan
SAMARINDA–Para pelaut dari 11 negara telah berdatangan ke perairan Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau menggunakan kapal-kapal mewah (yacht) dalam rangka memeriahkan Festival Derawan 2013 yang berlangsung 14-20 September. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, H.M Aswin dalam dialog interaktif di studio TVRI, Rabu malam, (11/9).  
“Saat ini telah berdatangan kapal-kapal yacht dari 11 negara yang masuk melalui jalur utara Kaltim. Selain mengikuti yacht rally, peserta dari luar negeri ini juga akan diajak mengikuti rangkaian acara lainnya seperti HUT Kota Berau, Festival Budaya Kesultanan dan game fishing,” kata Aswin. 
Adapun rute dari rally yach ini terbagi dua yaitu melalui Davao (Filipina), Sangihe,   Bitung, Kwandang, Derawan dan Tarakan.  Sedangkan rute dua adalah Phuket (Thailand), Singapura, Anambas, Kinabalu, Tawau (Malaysia Timur), Tarakan dan berakhir di Derawan. 
Aswin mengatakan Kaltim patut berbangga memiliki Kepulauan Derawan yang memiliki keindahan yang sempurna untuk dikenalkan kepada  masyarakat dunia. Sehingga Kepulauan Derawan yang selama ini hanya dikenal oleh sedikit kalangan penyelam dunia, dapat dikenal lebih luas lagi.  
Untuk itu, dirinya berharap peran masyarakat, tokoh adat, organisasi pemuda dan kemasyarakatan untuk terus menjaga, melestarikan dan meningkatkan kemampuan dan daya dukung lingkungan, agar Kepulauan Derawan dapat menjadi tujuan wisata nasional dan mancanegara di masa mendatang. 
Dijelaskannya, puncak acara Festival Derawan berlangsung pada tanggal 20 September dan dipusatkan di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb yang rencananya dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, HR Agung Laksono dan beberapa menteri terkait lainnya.   Selain yacht rally, game fishing dan pameran, juga akan diadakan atraksi terjun payung dan atraksi budaya berupa pagelaran tari kolosal masyarakat setempat.  
“Secara umum Kaltim bersama Pemerintah Kabupaten Berau telah siap menggelar Festival Derawan secara utuh dan menarik. Kita yakin kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan pendapatan masyarakat setempat,” harapnya. (yul/hmsprov)
 
///FOTO :    H.M Aswin
 
Berita Terkait
Government Public Relation