Pilgub Kaltim Perlu Perhatian Ekstra

SAMARINDA - Asisten Bidang Pemerintahan Umum Pemprov Kaltim Aji Sayid Fathur Rahman mengimbau agar seluruh masyarakat Kaltim dan Kaltara bisa turut menyukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim periode 2013-2018.    
Hal ini disampaikan Fathur Rahman, karena Pemilukada Gubernur dan Wagub Kaltim yang tidak lama lagi dilaksanakan, yakni 10 September 2013, juga bersamaan dengan jadwal Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Tarakan.  
“Hal itu memerlukan perhatian ekstra kita semua. Sebab, Pemilukada yang kita selenggarakan pada dasarnya adalah sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat berdasarkan Pancasila sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945,” kata Aji Sayid Fatur Rahman di Samarinda, Kamis (29/8).
Menurut dia, setiap Pemilukada harus dilaksanakan dengan baik, lebih berkualitas dan mendapat dukungan atau partisipasi rakyat seluas-luasnya, yang dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil serta bermartabat.   
Pemilukada yang demokratis memerlukan situasi keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat yang kondusif. Untuk itu, berbagai komponen (stakeholders) harus dapat bekerjasama dan terlibat langsung dalam rangkaian kegiatan Pemilukada.
“Meski demikian, salah satu faktor penentu adalah juga adanya peran dari Bawaslu di Tingkat Provinsi dan Panwaslu di tingkat kabupaten dan kota. Sesuai dengan peranannya berdasarkan Peraturan Bawaslu No.13 tahun 2012 tentang Pengawasan Pemilihan Umum, lembaga ini mempunyai tugas dan wewenang mengawasi, mengkaji, memeriksa dan menilai proses penyelenggaraan pemilu sesuai peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.   
Sebagai lembaga yang berfungsi melakukan pengawasan pemilu, Bawaslu/Panwaslu dalam tugas melakukan pencegahan terhadap pelanggaran, yaitu berupa tindakan, langkah dan upaya mencegah secara dini terhadap potensi pelanggaran yang mengganggu integritas proses hasil pemilu.
Tugas-tugas tersebut merupakan amanah yang perlu disikapi dengan penuh tanggung jawab, karena merupakan kehormatan dari masyarakat, bangsa dan negara. (jay/hmsprov)  

//Foto: PERAN BAWASLU. Aji Sayid Fathur Rahman bersama Ketua Bawaslu Pusat Muhammd. (kiri). (jaya/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation