Pimpin Upacara HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar, Hadi : Perlu Penguatan Kapasitas SDA dan Sarana

Wagub Hadi Mulyadi (kyky/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Kepala daerah dan pemangku kepentingan terkait harus melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur (SDA) dan sarana prasarana pendukung bagi penyelenggaraan ketentraman ketertiban umum (Trantibum) dan kebakaran di daerah.

Harapan itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi usai memimpin upacara Peringatan Hari Jadi Satuan Polisi Pamong Praja ke-69, Pemadam Kebakaran ke-100 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-57 Tahun 2019 se-Kaltim.

Upacara peringatan diikuti ratusan peserta terdiri pasukan Satpol PP, Satlinmas dan Damkar, TNI, Polri, Dishub, pelajar dan Ormas digelar di Halaman Parkir Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kamis (28/3/2019).

Pemadam kebakaran, Satpol PP dan Satlimas, ujar Hadi bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif. "Tetapi berperan aktif dalam proses dan melindungi hasil pembangunan agar meningkat kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selain itu, pemberian alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian target standar pelayanan minimal (SPM). Diakuinya, berbagai daerah untuk beban tugas dan resiko pekerjaan ditanggung pada prakteknya belum mendapatkan apresiasi yang memadai.

Ketimpangan antar daerah dalam penyelenggaraan urusan Trantibum Linmas dan kebakaran. Bahkan belum menjadi prioritas sebagai urusan wajib pemerintah. "Peringatan ini mari kita jadikan momen evaluasi Pemda berkaitan pelayanan dasar. Guna optimalisasi pelayanan serta kinerja Trantibum dan kebakaran di daerah," harap Hadi.

Tidak kalah pentingnya, lanjut Hadi, bagaimana penyelenggaraan Trantibum Linmas dan kebakaran di daerah ikut menyukseskan Pemilu serentak pada April tahun ini. Peringatan HUT kali ini bertema Peningkatan Trantibum Linmas Melalui Optimalisasi Peran Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Guna Mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

Hadir Kapolresta Samarinda, pejabat Kejaksaan Tinggi Kaltim dan jajaran FKPD serta Kepala BPBD, Kasatpol PP, Kepala Damkar dan Kepala Satlinmas serta Kepala Badan Kesbangpol kabupaten dan kota se-Kaltim. Upacara dirangkai Lomba Parade Defile antar Satpol PP se-Kaltim memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Kaltim yang diikuti seluruh Satpol PP kabupaten dan kota se-Kaltim.(yans/her/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation