Pisah Sambut Pangdam VI Mulawarman


SAMARINDA – Kondisi daerah yang kondusif sangat penting dalam mewujudkan percepatan kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.  

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada malam pisah sambut Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman di Balikpapan, Rabu (13/7).  

Menurut Gubernur, peranan yang dilakukan jajaran TNI dan Polri di daerah sangat strategis terutama agar tetap terjaga dan terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). 

“Tugas TNI dan Polri tetap jaga security (kamtibmas) agar kami bisa wujudkan prosperity (kesejahteraan rakyat),” kata Awang Faroek Ishak.

Kedua institusi tersebut (TNI dan Polri) juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga terpeliharanya kekayaan sumber daya alam Kaltim. 

Sebab lanjutnya, Kaltim dikenal sebagai salah satu daerah atau provinsi yang kaya akan sumber daya alam berlimpah bahan hingga saat ini. Kekayaan alam itu sebut Awang, diantaranya hutan dengan kayunya juga minyak dan gas bumi serta batu bara bahkan emas.

“Dengan bantuan dua institusi ini saya  sangat bersyukur dan berterimakasih.  Sinergi harus terus kita bangun untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” tegas Gubernur.

Awang menambahkan kondusifitas daerah yang berjalan stabil, selain karena peran TNI dan Polri, juga berkat  keterlibatan seluruh komponen masyarakat, termasuk partisipasi forum-forum yang terbentuk di Kaltim.

Sementara itu Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Johni Lumban Tobing mengatakan siap bekerjasama dengan pemerintah daerah termasuk seluruh komponen masyarakat Kaltim.

“Kami siap meneruskan sinergi dengan pemerintah daerah dan seluruh masyarakat yang telah dibangun pimpinan terdahulu (Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono). Stabilitas daerah adalah tanggung jawab kita bersama dan Kaltim harus tetap kondusif,” ujar Johni L Tobing.

Malam pisah sambut Pangdam VI Mulawarman antara Mayjen TNI Johni Lumban Tobing dengan Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono dirangkai dengan temu kenal Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kaltim  Brigjen Pol Hendrawan.

Dalam kesempatan itu Gubernur dan Wagub Mukmin Faisal menyerahkan cinderamata kepada Pangdam dan Kasdam VI Mulawarman. Tampak hadir Gubernur Kalimantan Utara H Irianto Lambrie serta para bupati/walikota Kaltim dan Kaltara. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait