PKK Dukung Percepatan Diversifikasi Pangan


 

 

SAMARINDA – Lomba cipta menu B2SA (beragam, bergizi seimbang dan aman) yang diikuti para kader tim penggerak PKK kabupaten dan kota merupakan bentuk dukungan penuh terhadap program diversifikasi pangan atau penganekaragaman konsumsi pangan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua TP PKK Kaltim Hj Amelia Suharni Faroek pada Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Provinsi Kaltim 2016 di Halaman Kantor BKPP Kaltim, Selasa (6/9).

Menurut dia, lomba cipta menu menampilkan berbagai masakan dalam bentuk prasmanan tetapi tetap mengutamakan keanekaragaman dan keseimbangan pangan dengan mengoptimalkan sumber daya lokal.

“Lomba ini mendorong kader PKK agar mampu menciptakan dan mengembangkan resep B2SA sebagai menu keluarga sehari-hari dengan memanfaatkan potensi lokal,” kata Amelia Faroek.

Karenanya, setiap kader PKK hendaknya kreatif dalam mengolah potensi pangan lokal yang ada di sekitarnya untuk memenuhi konsumsi keluarga.

Terpenting lanjut Amelia, bahan pangan lokal yang diolah tidak sulit didapatkan serta selalu tersedia setiap saat, harga terjangkau dan bisa dikonsumsi masyarakat.

Selain itu, kader PKK menjadi motivator terhadap gerakan atau program diversifikasi pangan di lingkupnya dari tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota hingga desa.

“Utamakan pemanfaatan pangan lokal selain beras dan tepung terigu. Melalui lomba cipta menu B2SA ini maka kader PKK lebih kreatif dalam memotivasi masyarakat mengolah sumber daya lokal untuk konsumsi keluarga,” harap Amelia Faroek.

Keluar sebagai juara lomba cipta menu B2SA tingkat provinsi adalah TP PKK Kota Samarinda dan berhak mewakili Kaltim ada ajang lomba tingkat nasional.(yans/sul/humasprov)

Berita Terkait