Prioritas Sektor Pertanian dan UMKM

Ciptakan 1.280 Wira Usaha Baru

SAMARINDA – Dalam mewujudkan program 100 hari kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, maka Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop UMKM) telah memprogramkan penumbuhan wirausaha baru di sektor pertaian dan usaha kecil menengah (UKM).

“Mulai tahun ini kita akan berupaya terciptanya wirausaha baru dengan target 1.280 orang dan prioritas pada usaha sektor pertanian dalam arti luas meliputi kegiatan pertanian, perikanan dan perkebunan serta kerajinan,” kata Kepala Disperindagkop Kaltim H Mohammad Djaelani didampingi Kepala Bidang Koperasi Rodi Ahnadi, Rabu (19/2).

Tahap awal dilakukan pelatihan bagi 550 orang yang diambil dari pemuda (putra/putri) kabupaten dan kota se-Kaltim dengan pola pendidikan dan pelatihan serta seminar mengenai kewirausahaan dan pendampingan.

Kegiatan diklat ini akan dilakukan bekerjasama dengan instansi terkait baik tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota serta melibatkan BUMN (Badan Usaha Milik Negara ) dan  pihak swasta atau perusahaan besar di daerah.

Selanjutnya, akan dilakuka pelatihan di tingkat kabupaten dan kota dengan jumlah pelatihan sekitar 30 angkatan dan setiap angkatan berjumlah 40 orang yang difokkuskan di masing-masing kecamatan di setiap daerah.

Kegiatan difokuskan di tingkat kecamatan guna melihat langsung potensi yang dimiliki daerah tersebut, sehingga dapat dikembangkan sesuai komoditas unggulannya dan masyarakat yang akan diikutkan dalam program kewirausahaan ini mudah melakukannya.

Selain itu, masing-masing daerah tentu memiliki potensi dan keunggulan kewilayahan yang berbeda-beda. Karenanya, pengembangan bidang usaha bagi wiraswastawan baru ini akan ditumbuhkan sesuai potensi daerahnya.  

“Potensi untuk berbagai kegiatan usaha khususnya di sektor pertanian baik subsektor peternakan, perkebunan, perikana maupun budiadaya lainnya termasuk usaha kerajinan di Kaltim ini sangat besar, sehingga perlu adanya campur tangan pemerintah untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi pemuda di daerah,” ujarnya. (yans/hmsprov)

/// Foto : Mohammad Djaelani

Berita Terkait
Government Public Relation