Kalimantan Timur
Produk Lokal Juga Menarik

Foto : Wakil Ketua Dekranasda Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi melihat hasil kerajinan para perajin lokal yang ternyata tidak kalah menarik dibanding hasil olahan para perajin daerah lain. (SAMSUL ARIFIN/HUMASPROV KALTIM)

SAMARINDA -  Berbagai karya kerajinan Kaltim ternyata tidak kalah menarik dari produk-produk provinsi lain. Harga jualnya pun lebih terjangkau. 

Wakil Ketua Dekranasda Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi  mengaku kagum setelah menyaksikan karya para perajin Kaltim yang dipajang di lantai 2 Aula UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop dan UKM Kaltim,  Selasa (28/9/2021). 

"Tadi saya sudah melihat, ternyata hasil karya lokal kita, tidak kalah dengan perajin luar. Bagus-bagus di sini," kata Erni Makmur, yang juga sempat membawa pulang satu tudung nasi berbahan anyaman rotan. 

Satu set kursi dan meja rotan misalnya, dijual dengan harga Rp 2 juta. Produk kerajinan lainnya juga dijual dengan harga terjangkau.

Istri Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi ini memberikan apresiasi tinggi kepada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltim, khususnya melalui UPTD Pelatihan Koperasi yang terus berinovasi membimbing dan memberikan pelatihan bagi masyarakat, para ibu rumah tangga dan juga pelaku UMKM. Baik menggunakan dana APBD, APBN maupun CSR. 

Dia berharap agar pemerintah kabupaten dan kota juga mengambil inisiatif yang sama agar UMKM di daerah bisa tetap bersemangat dan terus melahirkan karya-karya yang inovatif. 

"Bisa juga berkolaborasi dengan UPTD Pelatihan Koperasi, karena di sini pasti akan difasilitasi dengan sarana dan prasarana, juga narasumber yang bersertifikat nasional," pesan Erni Makmur. 

Bukan hanya pelatihan membuat anyaman dan mebeler, UPTD Pelatihan Koperasi juga menyiapkan pelatihan pembuatan produk makanan berkualitas, termasuk bagaimana membuat kemasan yang menarik dan aman. 

Sosok yang selalu tampil ramah dan murah senyum ini juga berharap agar UMKM dan para ibu rumah tangga yang sudah dilatih nantinya dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam praktik di tempat usaha masing-masing.

"UMKM yang bisa bertahan di tengah pandemi ini adalah yang tetap kreatif dan terus berinovasi," kata Wakil Ketua I TP PKK Kaltim itu. 

Saat peninjauan produk kerajinan kemarin, tampak mendampingi Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor dan Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Zainuddin. (sul/adv)

Berita Terkait