Promosikan Wisata Kaltim Melalui Lintas Sektor

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak  mengatakan tanggung jawab promosi obyek wisata Kaltim bukan hanya tugas Pemprov Kaltim, tetapi juga membutuhkan dukungan lintas sektor.

Termasuk Angkasa Pura I yang mengelola Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, dimana keberadaan bandara tersebut merupakan pintu gerbang Kaltim.

"Karena itu, kiranya Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, bisa menjadi duta daerah untuk memromosikan obyek wisata Kaltim," pinta Awang Faroek Ishak saat beraudensi dengan  General Manager (GM) Angkasa Pura I Pujiono dan jajaran di Ruang Kerja Gubernur Kaltim, Selasa (2/2).

Menurut dia, obyek-obyek wisata yang dimiliki Kaltim tidak kalah dengan obyek wisata yang dimiliki daerah lain di tanah air. Bahkan obyek wisata Pulau Maratua menjadi terbaik kedua setelah Raja Ampat di Papua. 

"Kalau komitmen Pemprov Kaltim jangan diragukan. Kita terus berupaya membangun sarana dan prasarana obyek wisata sebagai upaya untuk menarik wisatawan datang ke Kaltim, seperti pembangunan Bandara Maratua yang sudah diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo September tahun lalu," kata Awang Faroek.

Sebagai pintu gerbang, Gubernur meminta agar Angkasa Pura I, juga bisa berkontribusi dalam memromosikan obyek wisata Kaltim. Kaltim tidak hanya memiliki obyek wisata yang beraneka ragam, selain obyek wisata laut, tetapi juga wisata alam berupa arum jeram di Mahakam Ulu dan wisata budaya dan beberapa obyek wisata lainnya.

"Kita harapkan Angkasa Pura I bisa berkontibusi memromosikan obyek-obyek wisata Kaltim sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kaltim," kata Awang Faroek.

Sementera itu, GM Angkasa Pura I Pujiono mengatakan siap membantu promosi obyek wisata, namun  yang sebelumnya akan melakukan koordinasi dengan dinas instansi terkait.

"Dampak yang ditimbulkan dengan adanya promosi adalah peningkatan jumlah penumpang. Sehingga 10 juta penumpang yang ditargetkan gubernur bisa terealisasi sesuai harapan," kata Pujiono. (mar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait