Provinsi Kaltim Kembali Pertahankan WTP Keenam Kalinya, Wagub Ungkapkan Prestasi Bentuk Kerja Nyata Perangkat Daerah

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi Serahkan Piagam WTP (yuvita/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Pemprov Kaltim kembali sukses mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk Laporan Hasil Pengelolaan (LHP) Keuangan Tahun Anggaran 2018. Ini merupakan opini WTP keenam bagi Pemprov Kaltim setelah sebelumnya opini WTP diraih pada tahun 2012, 2014, hingga tahun 2018.  

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengaku sangat bersyukur karena  Pemprov kembali bisa mempertahankan opini WTP. Ini capaian dan prestasi terbaik hasil kerja sama yang terjalin baik dan sinergis antara Pemprov Kaltim dengan DPRD Kaltim dan masyarakat dalam proses penyusunan dan pelaksanaan APBD. Prestasi dari hasil nyata oleh semua OPD di Pemprov Kaltim.

"Opini WTP ini merupakan bentuk kesungguhan dan kerja keras semua  organisasi perangkat daerah (OPD) dalam pengelolaan keuangan yang akuntabel, transparan dan profesional untuk mewujudkan Kaltim yang lebih sejahtera," kata  Hadi Mulyadi di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Selasa (22/10/2019).   

Hadi Mulyadi mengharapkan seluruh  pejabat di masing-masing OPD untuk  terus bekerja  keras secara tulus dan ikhlas. Selain itu, bangun kerjasama dalam menjalankan pemerintahan yang bersih.

"Saya harap opini WTP ini bisa dipertahankan untuk laporan keuangan tahun 2019. Capaian ini menjadi motivasi untuk menuntaskan tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel," harapnya. 

Meski mempertahankan WTP,, tentu masih banyak permasalahan yang harus dibenahi dan  ditindaklanjuti."Kalau tidak, bisa saja  tahun berikutnya WTP berubah menjadi WDP bahkan disclaimer," tegas Hadi.

Dalam kesempatan itu, Wagub Hadi Mulyadi didampingi Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perberdaharaan Provinsi Kaltim Midden Sihombing menyerahkan piagam penghargaan dan plakat WTP.

Termasuk alokasi bantuan keuangan tahun anggaran 2020 oleh Pemprov Kaltim kepada kabupaten dan kota se Kaltim. Sekaligus menyaksikan seminar APBN tahun anggaran 2020 dan isu-isu strategis pengelolaan keuangan daerah.    

Piagam dan plakat  WTP diterima Plt Sekporv Kaltim HM Sa’bani mewakili Pemprov Kaltim. Dilanjutkan masing-masing kabupaten dan kota diterima bupati dan walikota.

Tampak hadir Kepala Perwakilan BPK RI Kaltim  Dadek Nandemar, Forkopimda Kaltim, para kepala daerah., ketua dan anggota DPRD Kaltim dan kabupaten/kota, akademisi, kepala OPD dilingkup Pemprov Kaltim dan mahasiswa.(mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait