Pylon Pertama Jembatan Kembar Sudah Berdiri

SAMARINDA - Perkembangan  pembangunan Jembatan Kembar (Mahakam IV) yang berdampingan dengan Jembatan Mahakam Samarinda mengalami kemajuan. Saat ini, tiang pancang pertama berupa kerangka pylon sudah berdiri tegak.
"Sekarang ini  para pekerja sedang melakukan pengecoran  kerangka pylon bentang utama," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim Joko Setyono, di Kantor Gubernur  Kaltim, Selasa (18/6).    
Melihat perkembangan yang terjadi, Joko optimis  target sesuai kontrak akhir Desember 2013 ini akan mampu dicapai.  Namun dia mengingatkan bahwa rampungnya jembatan itu kelak tidak lantas akan bisa langsung dioperasikan. Sebab masih perlu dilakukan pembangunan jalan pendekat.
Hingga saat ini  kontraknya belum dimulai dan diusulkan pada APBD Perubahan tahun ini.  Jika disetujui, maka pembangunan jalan pendekat Samarinda Seberang dan Kota Samarinda tersebut bisa segera dikerjakan.  
"Penyelesaian Jembatan Kembar dengan jalan pendekat tentunya tidak bisa bersamaan, lebih dulu jembatan kemudian jalan pendekat," jelasnya.
Diharapkan dengan terbangunnya jembatan tersebut, sisi utara dan selatan  Samarinda dapat terhubung oleh prasarana jembatan yang representatif sehingga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas.
Sebagaimana diketahui, pembangunan Jembatan Kembar ini merupakan salah satu proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) ) di Kaltim. Jembatan Mahakam Kembar akan dibangun dengan panjang bentang 220 meter, lebar 16,9 meter dan tinggi clearance vertikal 22 meter. (sar/hmsprov).

////Foto : Joko Setyono


 

Berita Terkait
Government Public Relation