Rakor KPA Se-Kaltim 2019, Kaltim Menuju Three Zero 2030

Hj Halda Arsyad

SAMARINDA - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kaltim bersama instansi terkait didukung lembaga pemerhati/peduli HIV/AIDS terus berupaya mewujudkan Three Zero atau tiga nihil di Benua Etam. Yakni, tidak ada lagi penularan HIV. Tidak ada lagi kematian akibat AIDS dan Tidak ada lagi stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Hj Halda Arsyad pada Rapat Koordinasi KPA Kaltim 2019 di Ruang Tepian 2 Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (20/3/2019).

Menurut dia, optimalisasi sinergitas harus perlu terus ditingkatkan dalam pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS agar terwujud target Three Zero pada 2030. "Tidak kalah pentingnya. Kesadaran dan kepedulian masyarakat ikut berperan dalam permasalahan HIV/AIDS," kata Halda.

Dirinya berharap sinergitas pemerintah, lembaga dan masyarakat serta swasta harus berkesinambungan dalam penemuan dan meminimalisir kasus HIV/AIDS di daerah.

Sementara itu Sekretaris KPA Kaltim Yurnanto mengemukakan kasus HIV/AIDS Kaltim hingga saat ini secara kumulatif sejak 2005 sebanyak 7.286 orang. "Dari 7.286 orang ditemukan sekitar 1.199 dipastikan penderita AIDS dan 488 orang diantaranya telah meninggal dunia," ujarnya.

Rakor menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan dan PKBI Kaltim. Rakor diikuti 56 peserta terdiri KPA Kaltim, LSM Peduli Aids, Pokja PMTS dan HRA KPA provinsi, organisasi profesi dan media massa. (yans/her/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation