Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran

Dishub Diminta Siapka dengan Baik  

 

SAMARINDA - Guna mengantisipasi arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini, jajaran Pemprov Kaltim menggelar rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu 2015 (1436 H). 

Rapat  dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kaltim HM Sa’bani, dihadiri dinas perhubungan kabupaten/kota, DitLantas Polda Kaltim, Disperindagkop kabupaten/kota,  Dinas PU kabupaten/kota,  Perwakilan PT Pertamina serta sejumlah  instansi terkait.

Sa’bani minta kepada dinas perhubungan baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk memasang rambu-rambu lalu lintas baik di darat maupun di sungai. Hal itu sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, baik pada arus mudik maupun arus balik lebaran.

"Selain pemasangan rambu-rambu lalu lintas, juga diminta untuk melihat dan mengecek langsung kelengkapan keselamatan angkutan lebaran, baik kapal sungai, ferry maupun angkutan darat, sehingga angkutan lebaran berjalan  aman dan  lancar," kata Sa’bani.

 

Dikatakan terdapat fenomena perubahan pola angkutan dari angkutan umum menjadi angkutan pribadi, sehingga menimbulkan kemacetan di beberapa ruas jalan. Hal ini harus diantisipasi dengan mendirikan posko dan apabila terjadi kemacetan maupun kecelakaan penanganan dapat dilakukan cepat. 

"Perlu diwaspadai pada saat terjadi puncak lonjakan penumpang, seringkali terjadi praktek pencaloan. Kenaikan tarif yang tidak sesuai ketentuan serta terjadinya kelebihan kapasitas pada kapal penumpang menuju luar pulau di Pelabuhan Samarinda dan Balikpapan. Karena itu diminta baik jajaran dinas perhubungan bersama instansi terkait untuk terus melakukan pemantauan lapangan," tegasnya.

Sa’bani juga meminta agar bongkar muat barang di pelabuhan memprioritaskan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat. Hal itu perlu dilakukan agar tidak terjadi kelangkaan barang yang didatangkan dari luar Kaltim.

"Dinas Pekerjaan Umum, baik provinsi maupun kabupaten/kota kiranya secepatnya melakukan perbaikan jalan-jalan rusak maupun yang longsor, sehingga arus mudik maupun balik pada saat lebaran berjalan lancar," ujarnya. (mar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation