Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Pembangunan Kaltim

Meriahkan HUT Proklamasi RI ke-70

 

SAMARINDA - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Republik Indonesia ke-70 tahun ini, Pemprov Kaltim melaksanakan pawai pembangunan yang diikuti . ribuan peserta yang tergabung dalam 210 kelompok dan ratusan iring-iringan kendaraan hias dari jajaran SKPD Pemprov Kaltim maupun Kota Samarinda.

Sejumlah 210 kemompok yang bersemangat mengikuti kegiatan tersebut, terdiri atas barisan murid sekolah dasar dan SMP, kemudian barisan SMA/SMK, termasuk barisan dari  10 kecamatan, 53 kelurahan, kelompok Rukun Tetangga, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, Posyandu,  paguyuban dari berbagai suku dan etnis, lembaga swadaya masyarakat dan lain-lain.

Sementara ratusan iringan mobil hias selain dari SKPD Pemprov dan Kota Samarinda, juga ikut berpartisipasi, antara lain  dari Perusaaan Daerah, Rumah Sakit Umum Daerah A Wahab Sjahranie dan Atma Husada, Sekolah Khusus Olahraga Internasional,  SKOI, PKK, kecamatan dan kelurahan maupun SMA/SMK.   

Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP,  Walikota Samarinda H Syaharie Jaang, Wawali Samarinda  Nursyiwan Ismail serta Asisten Pemerintahan dan Administarsi Umum Setprov Kaltim, Meiliana  juga turut hadir bersama kepala dinas dan badan dilingkup Pemprov Kaltim dan Kota Samarinda ikut menyaksikana pawai pembangunan di atas  pangggung kehormatan di depan Wisma Korem 091/ASN, Jalan Awang Long Samarinda.

Peserta pawai start di GOR Segiri Samarinda sekitar pukul 07.30 Wita, di awali barisan murid SD dan SMP, kemudian dilanjutkan dengan barisan dari SMA/SMK sederajat. Guna menyemarakkan pawai tersebut juga diikuti kelompok 30 drum band dari SD, SMP, SMA maupun dari lembag.

Kelompok drum band itu berupaya menampilkan kebolehannya, sehingga kian menarik perhatian masyarakat yang menyaksikan iring-iringan pawai di sepanjang jalan yang dilewati pawai tersebut.

Bukan hanya itu, setiap penampilan peserta pawai kadang kala berhenti memberikan cendera mata berupa hasil kreasi yang dibuat sekolah, LSM maupun SKPD. Tidak lupa melakuan  atraksi di depan panggung kehormatan. Berbagai keunikan dan kelucuan sehingga suasana menjadi riuh dan mendapatkan sambutan dari Wagub Kaltim serta  para undangan yang ada di atas panggung kehormatan. Berbagai aksi yang cukup menarik, antara penampilan barongsai, reok ponorogo.

Setelah barisan pejalan kaki selesai, dilanjutkan dengan  pawai mobil hias, yang diawali Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Samarinda yang menampilkan  seluruh perahu boat, balakar baik untuk roda  empat maupun dua, serta sarana dan prasarana dalam penaggulangan bencana, termasuk  mobilisasi dapur umum. Hal sama juga dipamerkan BPBD Provinsi Kaltim.

Iring-iringan mobil hias di akhiri dengan parade kapal layar dari SMKN 8 Samarinda, dan semua penampilan pawai mendapat sambutan meriah dari tamu undangan dan masyarakat yang berada  di depan dan kiri dan kanan panggung kehormatan. (mar/sul/es/hmsprov).

////FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menerima bingkisan dari salah satu peserta pawai pembangunan HUT RI ke-70. Masyarakat Samarinda dan sekitarnya tumpah ruah di jalan untuk menyaksikan kemeriahan pawai pembangunan.(fajar/humasprov)

Berita Terkait