Roby: Peserta yang Lulus Segera Melapor ke BKD Kab/Kota

Tes CPNS Hingga Pengumuman Berlangsung Sukses

SAMARINDA– Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 hingga pengumuman hasil tes CPNS pada 24 Desember 2013, di 10 kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara, yakni Samarinda, Balikpapan, Kutai Timur, Bontang, Penajam Paser Utara, Paser, Malinau, Bulungan, Kutai Barat dan Tana Tidung berlangsung dengan sukses dan lancar.
Pemprov melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim selaku Panitia Seleksi Provinsi (Panselprov) mengapresiasi atas terselenggaranya TKD untuk CPNS baik formasi untuk tenaga honorer (K2) dan kategori umum. Diketahui, ada sekitar 32.178 pelamar yang mengikuti tes CPNS 2013 untuk memperebutkan 2.053 formasi CPNS kategori umum di 10 kabupaten/kota di Kaltim dan Kaltara.
“Ada apresiasi atas penyelenggaraan yang sukses dan lancar. Meskipun ada keterlambatan pengumuman hasil tes, namun itu sepenuhnya kewenangan pusat. Bagi pelamar umum sudah dapat melihat hasilnya melalui website Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian PAN-RB. Bisa juga dilihat di website BKD kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara,” ungkap Kepala BKD Kaltim HM Yadi Robyan Noor, Selasa (24/12).
Roby menjelaskan pada tes CPNS 2013 ini, BKD Kaltim berhasil meyakinkan pusat (BKN) untuk mengakomodir penyesuaian passing grade (nilai ambang batas) TKD. Sehingga ada toleransi bagi Kaltim setelah pusat mendapatkan masukan dari daerah. Jadi, ujar dia, passing grade Kaltim bisa sedikit lebih rendah dibanding Pulau Jawa.
“Ketidakpuasan terkait penyesuaian passing grade sudah diakomodir. Jadi misalkan passing grade nasional ditetapkan 65 maka Kaltim bisa sedikit lebih rendah, bisa saja 55. Karena, jika disamakan dengan Jawa maka kemungkinan besar hasilnya di Kaltim akan jeblok karena banyak peserta yang tidak lulus,” jelasnya.
Selain itu, BKD Kaltim juga berhasil memberikan masukan kepada BKN agar dapat mengakomodir adanya keterwakilan pelamar yang berasal dari kabupaten dan kota dalam formasi umum CPNS 2013. Dan itu jumlahnya cukup besar.
Bagi peserta yang lulus tes CPNS, Roby mengimbau agar segera menindaklanjuti dengan melapor ke BKD kabupaten/kota masing-masing dan segera melengkapi berkas, dengan menyampaikan berkas asli agar di validasi dan verifikasi, serta untuk pemberkasan NIP (Nomor Induk Pegawai).
 “Peserta yang lulus tes tinggal melapor dengan membawa nomor tes dan menanyakan berkas yang harus dilengkapi di BKD kabupaten/kota, untuk kemudian dibawa oleh kabupaten/kota ke BKD provinsi dan dilanjutkan ke Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin,” imbaunya.  
Demikian halnya bagi kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan TKB (Tes Kemampuan Bidang), agar BKD yang bersangkutan segera menyiapkan waktu dan tempat untuk pelaksanaan TKB.
“Dari 10 kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara, baru Balikpapan yang siap untuk menyelenggarakan TKB. Sedangkan kabupaten/kota lainnya masih belum siap, karena pendeknya rentang waktu pengumuman hasil tes dan melengkapi berkas. Namun, TKB sangat bagus untuk menambah nilai performance yang dilihat dari kemampuan bidang melalui tes psikologi,” tambahnya.
Sementara bagi pelamar yang mengikuti tes CPNS untuk kategori tenaga honorer (K2), Roby meminta untuk bersabar menunggu pengumuman hasil tes yang akan dilaksanakan pada Minggu keempat Januari 2013. (her/hmsprov).

///FOTO : Suasana seleksi penerimaan CPNS di Samarinda beberapa waktu lalu.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation