RSJD AHM Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes

 

SAMARINDA - Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam (AHM) mendapatkan Akreditasi Paripurna yaitu lulus tingkat sempurna dari 15 standar akreditasi versi 2012 yang mengacu pada standar akreditasi internasional dari JCI-USA.

Akreditasi ini didapatkan setelah kunjungan penilaian dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kementerian Kesehatan RI pada 23-25 Agustus lalu.

"RSJD AHM berdasarkan penilaian dari KARS yang telah melakukan survei, dinyatakan lulus dengan poin 80," kata Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Padilah Mante Runa, Jumat lalu.

Dengan telah terakreditasi tingkat paripurna, hal ini diartikan bahwa RSJD AHM telah memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang ditentukan sehingga dapat memberikan pelayanan medik prima yang berorientasi pada keselamatan pasien, fokus terhadap kebutuhan pasien, efektif dan kompetitif, menyediakan layanan baru sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi menciptakan kepuasan bagi masyarakat.

Akreditasi rumah sakit sendiri merupakan upaya untuk melindungi pasien dari pelayanan sub-standar melalui pelayanan yang sesuai dengan standar dan prosedur, mulai dari sumber daya manusia, administrasi dan komunikasi, peralatan medis, hingga fasilitas penunjang lain serta upaya peningkatan mutunya.

"Kami memiliki perbedaan yang tidak dimiliki rumah sakit lainnya yaitu berbagai segmen pelayanan terhadap pasien yang melakukan perawatan karena tidak hanya pasien orang dengan gangguan jiwa. Akan tetapi, juga fasilitas pasien ketergantungan narkotika dan klinik spesialis untuk pasien umum lainnya," katanya.

Mengenai keberhasilan meraih akreditasi paripurna tersebut, Padilah mengatakan ini merupakan kerja keras seluruh staf dan karyawan RSJD AHM. Sukses ini diharapkan semakin memacu semangat untuk tetap memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi seluruh pasien di RSJD AHM.

"Keberhasilan meraih akreditasi dengan lulus paripurna ini bukanlah akhir. Namun merupakan upaya peningkatan kualitas secara terus menerus. Setiap peluang untuk melakukan perbaikan akan dilakukan oleh RSJD AHM demi meningkatkan mutu layanan dan demi keselamatan pasien. Kami berharap, setelah kelulusan ini seluruh pegawai dapat membudayakan standar kerja yang lebih bermutu dan mengutamakan keselamatan pasien sebagaimana tujuan utama dari akreditasi," katanya. (rus/sul/humasprov)

Berita Terkait