Rusia Seriusi Bangun Kereta Api di Kaltim

JAKARTA – Russian Railway serius bangun jalur kereta api di Kaltim. Rencana ini dibuktikan dengan pertemuan antara jajaran pimpinan perusahaan pembuatan dan pembangunan kereta api Negara Rusia dengan Pemprov Kaltim, Selasa kemarin di Jakarta.
“Tadi pagi (Selasa 14/5) kita sudah melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan Rusia guna persiapan rencana pembangunan rel kereta api di Kaltim,” kata anggota Kelompok Kerja (Pokja) Kereta Api Kaltim HM Yadi Sabianoor usai mengikuti pertemuan di Jakarta.
Dari pihak perusahaan Rusia hadir Presiden Russian Railway Vladimir I Yakunin didampingi Russian Ambassador  Mikhail Galuzin dan Director Kalimantan Railways Andrey, sedangkan jajaran Pemprov Kaltim dipimpin Plt Sekprov H Rusmadi didampingi Kepala BPPMD Kaltim Didi Rusdiansyah dan Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Kaltim Mahmud.  
Dalam pertemuan tersebut pihak Pemprov Kaltim siap mendukung sepenuhnya fasilitasi perijinan, pembebasan lahan termasuk fasilitasi dengan pemerintah kabupaten/kota yang masuk dalam jalur pembangunan kereta api.
Sesuai rencana kerjasama pembangunan kereta api antara Pemprov Kaltim dengan Russian Railway dan Kalimantan Railway akan dibangun infrastruktur rel sepanjang 185 kilometer melalui Kabupaten Kutai barat, Paser dan Penajam Paser Utara serta Balikpapan.
Untuk itu Pemprov Kaltim telah meminta hasil masterplan serta feasibility study (studi kelayakan) guna memastikan trase  dan pihak Russian Railways siap menyerahkan pada akhir bulan ini.
Selain itu sebagai bentuk keseriusan kedua belah pihak maka Pemprov Kaltim akan mengirimkan 30 pelajar Kaltim untuk menempuh pendidikan di sekolah perkeretaapian di Rusia melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang dan pihak Rusia menyanggupi untuk menfasilitasi kuliah di 8 universitas namun tahap awal disekolahkan di Pre Elemenery untuk belajar bahasa.
“Pada dasarnya antara kedua belah pihak sudah sepakat untuk dilakukan percepatan realisasi fisik di lapangan dan telah dilakukan MoU. Selanjutnya Presiden Russian Railway titip salam buat Gubernur Kaltim sekaligus mengundang untuk datang ke Rusia,” ujar Yadi Sabianoor. (yans/hmsprov).

////Foto : Plt Sekprov H Rusmadi bertukar cendera mata dengan Presiden Russian Railway Vladimir I Yakunin.(Ist)
 

Berita Terkait
Government Public Relation