Samarinda Juara Umum Kontes Ternak Kaltim

Samarinda Juara Umum Kontes Ternak Kaltim

 

SAMARINDA – Petani ternak Samarinda telah membuktikan kemampuannya dalam tata kelola peternakan di Kaltim. Kemampuan mereka ditunjukkan dengan menduduki posisi juara umum dalam Kontes Ternak 2015 tingkat provinsi.

Kontes ternak merupakan perhelatan tiga tahunan yang diselenggarakan Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim dalam rangkaian bulan bhakti peternakan dan kesehatan hewan diikuti enam daerah dari sepuluh kabupaten dan kota di Kaltim untuk ternak sapi dan kambing.

Khusus ternak kambing seluruh kategori disapu bersih petani peternak Kota Samarinda baik bibit kambing peranakan etawa (PE) betina dan jantan, kambing peranakan etawa (PE) maupun kambing ekstrim.

Sedangkan kontes ternak sapi untuk kategori bibit sapi Bali betina dan jantan, sapi Bali jantan (Bull) dan sapi ekstrim raihan juara didominasi peternak sapi Samarinda. Disusul Kutai Timur, Bontang dan Berau, Paser serta Kutai Kartanegara.

Menurut Kepala Disnak Kaltim H Dadang Sudarya, kontes ternak yang digelar instansinya setiap tiga tahun sekali sebagai upaya untuk memotivasi para petani peternak di daerah ini agar terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengelola ternak mereka.

“Kontes ternak kita gelar setiap tiga tahun sekali pada peringatan bulan bhakti peternakan dan kesehatan hewan. Kedepan kami laksanakan dua tahun sekali dan penting guna memotivasi petani peternak di daerah,” kata Dadang Sudarya pada penutupan Kontes Ternak 2015 di Halaman Parkir Hotel Atlet Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Minggu (13/9).

Dadang menambahkan bulan bhakti peternakan dan kesehatan hewan yang dilaksanakan selama tiga hari (11-13 September) dirangkai dengan sosialisasi public awareness peduli pangan asal hewan ASUH (aman, sehat, utuh dan halal).

Selain itu, untuk festival olahan produk hasil peternakan berbahan dasar daging sapi dimenangkan Dinas Pertanian Tanaman Pangan, juara kedua gabungan UPT Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan juara ketiga diraih Biro Kerjasama Setprov Kaltim.

Sementara juara harapan satu, dua dan tiga masing-masing diperoleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur, BPTP Kaltim serta Dinas Kehutanan Kaltim.

Juga, dilakukan penilaian terhadap stand expo terbaik yang diraih stand expo Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur sebagai juara pertama. Disusul Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kutai Kartanegara serta Kabupaten Berau sebagai juara kedua dan ketiga.

“Harapan pertama diperoleh PT Charon Pokphan, harapan kedua stand Faultas Pertanian jurusan Peternakan Universitas Mulawarman dan harapan ketiga diraih Dinas Perikanan dan Peternakan Samarinda,” rinci Dadang Sudarya. (yans/sul/adv)

/// Dadang Sudarya menyerahkan trofi bagi pemenang Kontes Ternak 2015.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation