Sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi

 

UPTD Api-Api Raih Peringkat Dua Nasional

SAMARINDA–Tahun 2014 merupakan tahun prestasi bagi Kaltim, terbukti puluhan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kaltim meraih berbagai penghargaan di tingkat  nasional.

Kali ini Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Perbibitan dan Insemninasi Buatan (BPIB) Api-Api Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang merupakan unit teknis Dinas Peternakan Kaltim meraih peringkat dua nasional kategori pelayanan publik berprestasi.

“UPTD kita telah meraih penghargaan sebagai unit kerja pelayanan publik (UKPP) berprestasi nasional sehingga berhak menerima anugerah Abdi Bhakti Tani yang diberikan Menteri Pertanian,” kata Kepala Dinas Perternakan Katim H Dadang Sudarya, Selasa (9/12).

Menurut dia, penilaian yang diberikan tim yang terdiri dari Kementerian Pertanian dan Biro Organisasi dan Tata Laksana Setprov Kaltim pada Mei lalu menyatakan pelayanan yang dilakukan UPTD Api-Api sangat baik.

Diakuinya, keberadaan UPTD Api-Api sejak 2001 hingga kini telah mampu memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum diantaranya memberikan pelayanan publik berupa pelayanan bagi masyarakat yang berwisata ke penangkaran rusa.

Selain itu, UPTD ini telah memroduksi tanduk rusa muda (velvet) yang diperjualbelikan untuk konsumsi (obat herbal) masyarakat sehingga memberikan masukan bagi pendapatan daerah termasuk sarana dan parasarana serta fasilitas lainnya.

Dadang menjelaskan, penghargaan yang diberikan Kementan bagi unit-unit pelaksana teknis di lingkup Kementerian Pertanian dan lingkup pemerintah daerah berkaitan kegiatan dan pelayanan publik terhadap masyarakat.

“Sejak Mei lalu Kementan telah melakukan penilaian terhadap seluruh UPT di lingkup kementerian serta pemerintah daerah dan akhirnya terdapat  12 UPT lingkup kementerian dan pemerintah daerah di Kaltim,” sebutnya.

Hasil penilaian yang dilakukan pihak Kementan akhirnya menghasilkan nominator 12 unit pelaksanan teknis (UPTB/UPTD) yang pada akhirnya menilai lima besar unit pelaksana teknis termasuk UPTD BPIB Api-Api PPU.

“Kita akan bersaing dengan 29 UPT lingkup pemerintah pusat dan empat provinsi salah satunya Kaltim. UPTD BPIB selama ini melakukan kegiatan pengembangan Rusa Sambar di Kecamatan Waru,” ujar Dadang Sudarya.

Dia menambahkan penghargaan yang sukses diraih UPTD BPIB Api-Api ini telah membuktikan keinginan Gubernur Awang Faroek Ishak untuk menjadikan tahun 2014 sebagai tahun kinerja dan prestasi telah terwujud. (yans/sul/es/hmsprov)

/////Foto : Rusa Sambar di UPTD Balai Perbibitan dan Inseminasi Buatan Api-Api Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara. (ist)

Berita Terkait