Kalimantan Timur
Selama Ramadhan Stok Sembako di Kaltim Aman Hingga Lebaran

Selama Ramadhan Stok Sembako di Kaltim Aman Hingga Lebaran

 

SAMARINDA - Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi mengatakan stok sembilan bahan pokok (sembako) untuk konsumsi masyarakat selama ramadhan hingga lebaran mendatang masih cukup aman. Masyarakat diminta untuk tidak perlu khawatir terjadi kekurangan atau terjadi kelangkaan.

"Biasanya di bulan ramadhan sampai menjelang lebaran, harga sembako naik, tapi untuk tahun ini bisa dipastikan aman," kata Rusmadi usai membuka Diklat PIM IV Angkatan VII di Aula Bandiklat Kaltim, Jumat lalu.

Dengan demikian, kata Rusmadi masyarakat tidak perlu khawatir meskipun pola konsumsi cenderung meningkat di bulan suci umat Islam tersebut. Namun untuk mengantisipasi kenaikan harga, pihaknya melakukan pengawasan proses distribusi mulai dari distributor hingga ke konsumen.

"Untuk menjamin kestabilan harga dan ketersediaan barang selama ramadhan, Pemprov Kaltim melalui Disperindgakop Kaltim  terus  melakukan pemantauan harga di pasar-pasar tradisional." ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan perhitungan dari tingkat kebutuhan sesuai konsumsi masyarakat seharihari, dengan persedian yang ada di tingkat distributor, maka untuk ketersediaan bahan pokok masyarakat tetap aman.

Dia mengakui memang ada kenaikan harga tetapi masih dalam batas wajar, disebabkan permintaan pasar tinggi, sementara pasokan terbatas.

   "Kalau kenaikan masih wajar, kita hanya akan memantau. Tetapi kalau  kenaikan harga-harga ternyata tidak wajar, maka pemerintah akan segera turun tangan untuk mengambil tindakan," tegasnya.  (sar/sul/hmsprov).

//Foto: Rusmadi

 

Berita Terkait
Wagub Salat Idul Adha di Rumjab
Wagub Salat Idul Adha di Rumjab

01 Agustus 2020 Jam 17:58:33
Agama

Apel dan Ziarah di TMP Kusuma Bangsa
Apel dan Ziarah di TMP Kusuma Bangsa

03 Januari 2014 Jam 00:00:00
Agama

Gubernur: Momentum untuk Bermuhasabah
Gubernur: Momentum untuk Bermuhasabah

25 Januari 2013 Jam 00:00:00
Agama

4.284 Calhaj Lewat Balikpapan
4.284 Calhaj Lewat Balikpapan

25 Juli 2013 Jam 00:00:00
Agama

Government Public Relation