Kalimantan Timur
Semua Kandidat Siap Kalah atau Menang

Rakyat Kaltim Memilih Pemimpin

Sesuai dengan agenda KPU Kaltim, pada 10 September 2013, kemarin   warga Kaltim di 10 kabupaten dan kota bersama warga Kaltara dengan lima kabupaten dan kota melaksanakan pesta demokrasi, berupa pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2013-2018.
Termasuk sejumlah Calon Gubnernur Calon Wakil Gubernur yang bersaing untuk memimpin Kaltim lima tahun ke depan. Pelaksanaan pencoblosan berlangsung aman dan lancar, seiring dengan kesadaran seluruh warga untuk menjaga Kaltim tetap kondusif, termasuk sejumlah kandidat yang bertarung yang menyatakan siap kalan maupu menang.
Tepat pukul 08.15 Wita, Gubernur Kaltim Dr  H Awang Faroek Ishak yang merupakan calon gubernur (Cagub) nomor urut satu berpasangan dengan Mukmin Faisal didampingi istri, Hj Ence Amelia Suharni Faroek bersama keluarga melakukan pencoblosan di TPS 3 Jalan Kelian Kelurahan  Pelabuhan RT 22 Samarinda Kota.
Usai menyalurkan hak suaranya, Awang Faroek berharap agar masyarakat tetap memelihara kondisi keamanan dan ketertiban daerah. “Saya berharap setelah pelaksanaan pencoblosan hari ini dan siapapun pemenangnya bersama masyarakat tetap memelihara Kaltim yang kondusif,” ujarnya.
Awang bersyukur karena laporan dari Desk Pilkada Kaltim bahwa Pilgub tahun ini diikuti seluruh wilayah di Kaltim serta Kaltara dan terlaksana dengan aman dan damai, tentram serta seluruh warga dapat menggunakan hak pilih dengan azas langsung, umum, bebas rahasia jujar dan adil.
“Mari kita bangun demokrasi ini secara baik dan rakyatlah yang paling berperan besar dalam pesta demokrasi ini, dengan seizin Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa  sehingga dapat terpilihnya pemimpin yang diharapkan mampu membawa daerah ini semakin maju dan sejahtera,” ungkapnya.
Selain itu, Awang berharap agar seluruh elemen bersama seluruh rakyat Kaltim secara bersama-sama membangun daerah ini. "Pembangunan ini harus terus dilajutkan bahkan diselesaikan dan seluruh masyarakat harus ikut berperan," ajaknya.
Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy  yang merupakan Calon Gubernur nomor urut dua, beserta istri dan keluarga menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 07 Jalan Milono Kelurahan Bugis Kecamatan Samarinda Kota, pada pelaksanaan Pemilukada untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2013.
Pada kesempatan itu, Wagub Farid Wadjdy mengatakan dirinya bersama keluarga datang ke TPS untuk memenuhi dan menunaikan hak demokrasi, sekaligus sebagai pemilih dan juga tentu sebagai orang yang dipilih.
“Ini merupakan bagian dari pemenuhan kewajiban sebagai anak bangsa dan sebagai warga negara yang baik,” kata Farid usai menggunakan hak pilih pada puncak rangkaian proses Pilkada Kaltim 2013.
Kepada masyarakat Kaltim, Farid berpesan agar dapat menjaga situasi yang sudah sangat kondusif. Sejak awal proses Pemilukada hingga pemungutan suara telah dilakukan dan situasi Kaltim tetap aman, damai dan kondusif.
“Mudah-mudahan masyarakat Kaltim di berbagai tempat dapat menggunakan hak pilih, sehingga pesta demokrasi untuk menentukan pemimpin Kaltim lima tahun ke depan berjalan sukses,” pesannya.
Terkait partisipasinya sebagai calon petahana yang ikut bertarung dalam Pilgub Kaltim 2013, Farid mengungkapkan dalam setiap pertarungan Pemilukada,  tentu rakyat akan menentukan pilihan dan konsekwensinya tentu ada yang kalah dan menang.
“Komitmen semua calon adalah menerima semua hasil Pilkada dengan legowo, untuk kemudian bersama-sama membangun Kaltim yang lebih baik,” ujarnya.
Sedangkan Calon Wakil Gubernur nomor dua, H Aji Sofyan Alex melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 20 Kelurahan Sungai Pinang Luar, Jalan Danau Poso, Samarinda.   
Pada TPS ini, pencoblosan berlangsung kompak dan meriah. Para petugas TPS menggenakan pakaian adat, terutama adat Banjar dan Kutai. Sofyan Alex beserta istri disambut dengan gendang habsyi ibu-ibu sholawatan di sekitar TPS tersebut.
“Mereka sendiri yang menyiapkan. Ketika saya tanya, ternyata semua adalah swadaya masyarakat. Bahkan panitia di TPS juga memberikan hadiah bagi pemilih, sehingga ini menjadi motivasi warga untuk memberikan hak suaranya dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun ini,” kata Sofyan Alex.  
Sofyan Alex berharap seluruh masyarakat di Kaltim dapat memberikan hak pilih, sehingga siapapun yang terpilih nanti adalah hasil pilihan terbanyak dari rakyat Kaltim.      Sementara itu, calon wakil gubernur nomor urut tiga, Ipong Muhlisoni memberikan hak suaranya di TPS 19 Komplek Perumahan Pandan Harum Permai Samarinda. Ipong datang bersama istri dan anggota keluarga pada pukul 10, dengan berjalan kaki karena letak TPS hanya berjarak 100 meter dari kediaman.
Usai mencoblos,  Ipong mengatakan dirinya optimistis dengan pencalonan dirinya untuk mendampingi Imdaad Hamid sebagai Calon Gubernur, dapat bersaing dengan dua pasangan kandidat lain. Ipong menegaskan dirinya akan menerima apapun hasil dari perhitungan Pemilukada 2013. (tim humasprov Kaltim).

///FOTO : Sejumlah kandidat Cagub dan Cawagub Dr H Awang Faroek Ishak, H Farid Wadjdy, dan Ipong Muchlisoni masing-masing berserta istri melaksanakan hak pilih di TPS Samarinda, pada tahapan pencoblosan Pemilukada untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2013 - 2018.(tim/humasprov kaltim)



 

Berita Terkait