Serahkan Dana Hibah Rp2,7 Milyar

*Safari Ramadhan Perdana Pemprov Kaltim 1436 Hijriah

TANA PASER- Mengawali Safari Ramadhan tahun ini, rombongan Pemprov Kaltim yang dipimpin Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal HP melakukan lawatan ke kabupaten di ujung selatan Kaltim, Kabupaten Paser. 

Tujuan safari Ramadhan ini adalah untuk meningkatkan tali silaturrahim dan menjalin informasi serta mempererat ukhuwah Islamiyah antarumat muslim di Kaltim, khususnya  masyarakat Bumi Daya Taka.

Selain menjalin silaturrahim, safari Ramadhan tahun ini dijadikan Pemprov Kaltim untuk berbagi kepada sesama, yakni memberikan bantuan dana hibah secara simbolis kepada Pemkab Paser yang pemanfaatannya untuk pengembangan sarana ibadah, yayasan panti asuhan serta organisasi kemasyarakatan mencapai Rp2,7 miliar.

Bukan hanya itu, Wagub Mukmin Faisyal secara pribadi juga memberikan sumbangan kepada pengurus Masjid Asy Syuhada Komplek Muhammadiyah Paser berupa uang senilai Rp20 juta dan 1 unit genset.

“Ramadhan tahun ini, safari kami awali dari Kabupaten Paser. Kenapa, karena selain Paser merupakan daerah Kaltim yang lokasinya di ujung, kami juga ingin mengetahui sejauh mana perkembangan pembangunan di daerah ini. Sebab, Paser merupakan wilayah perbatasan Trans Kalimantan yang menjadi perhatian Pemprov Kaltim. Adapun bantuan yang telah diberikan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," kata Mukmin Faisyal usai berbuka puasa bersama di Pendopo Loe Bepekat Rumah Jabatan Bupati Paser, Rabu (24/6).

Hadir pada acara itu sejumlah pejabat Pemprov Kaltim, antara lain Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Ibrahim dan Kepala Kantor Satpol PP Kaltim Hasanuddin.

Mukmin menjelaskan, Paser hingga saat ini berkembang dan tumbuh semakin maju. Bahkan kondusifitas daerah di Paser juga semakin baik. Terbukti, tidak satu pun informasi diterima Pemprov Kaltim ada permasalahan di Paser. Diharapkan ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Apalagi, selama Ramadhan tahun ini, diharapkan tingkat silaturrahim serta berbagi antara sesama dapat ditingkatkan, baik oleh perorangan maupun secara kelembagaan di eksekutif maupun legeslatif, baik instansi daerah maupun pusat.

Hal itu ditegaskan Mukmin, karena tahun ini seluruh daerah di Indonesia, khususnya Paser akan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak. Karena itu, kondusifitas yang sudah dirasakan saat ini harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

"Karena itu, ramadhan ini momentum untuk mengingatkan kita semua, sehingga dapat menjaga kondusifitas daerah agar semakin baik. Meski warna politik banyak perbedaan, namun hati jangan keruh. Kita harus tetap saling menghargai satu dan lain, sehingga keamanan daerah dapat terus dijaga dengan baik,” tegasnya.

Pilkada merupakan proses pendidikan berdemokrasi yang baik kepada masyarakat. Agar mampu mewujudkan dan memilih pemimpin daerah pada periode selanjutnya menuju masyarakat yang sejahtera di masing-masing daerah.

Karena itu, pengurus partai politik maupun simpatisan partai politik serta calon kepala daerah diharapkan dapat menjaga hawa nafsu agar tidak melakukan tindakan anarkis hingga merusak sendi dan norma kemanusiaan .

“Berbeda itu biasa, tetapi menjaga keamanan secara bersama-sama itu sangat luar biasa. Apalagi, dalam masalah pemilihan pemimpin daerah. Saya meminta agar seluruh calon maupun partai politik dapat menjaga kondisi yang aman saat ini hingga penyelenggaraan dan penetapan pemenang pilkada. Karena itu, ramadhan tahun ini juga dapat menjadi momentum untuk menyatukan kebersamaan tersebut,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menyerahkan secara simbolis daftar bantuan dana hibah kepada Pemkab Paser yang diterima Bupati Paser Ridwan Suwidi. Wagub Mukmin secara bersamaan ketika Shalat Tarawih di Masjid Asy Syuhada Komplek Muhammadiyah Paser juga memberikan sumbangan kepada pengurus berupa uang dan 1 unit genset. (fadliansyah/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation