Sertijab Asisten I dan IV

SAMARINDA - Setelah sepekan dilantik, pejabat  yang menduduki  jabatan  baru melakukan serah terima jabatan (sertijab). Kamis (7/4) kemarin sertijab dilakukan antara Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Sekprov Kaltim Dr Meiliana dan Asisten IV Bidang Administrasi Umum Sekprov Kaltim Drs Aji Sayid Fatur Rahman.

Aji Sayid Fatur Rahman mengatakan pelaksanaan reformasi birokrasi terus dilakukan Pemprov Kaltim guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,  dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Budaya kerja yang baik sangat baik untuk mendorong setiap aparatur agar dapat meningkatkan disiplin, semangat kerja dan produktivitas sesuai dengan bidang tugas masing-masing. "Kita ingin membangun kapasitas setiap aparatur dan  mengubah pola pikir aparatur agar lebih inovatif dalam pemberian palayanan kepada masyarakat," kata Fatur.

Dia  juga mengajak seluruh jajaran baik di lingkungan Setdaprov Kaltim  maupun SKPD untuk dapat mengubah mindset (pola pikir) menjadi orang yang melayani.    Tantangan pemprov ke depan semakin berat karena tuntutan masyarakat juga semakin beragam. Maka dari itu  aparatur  harus bisa menyiapkan diri dengan baik untuk memberikan pelayan terbaik. Untuk itu sumber daya aparatur juga harus berubah. 

"Perubahan harus dilakukan mulai sekarang untuk menghasilkan kinerja terbaik pada masa mendatang. Cara-cara  kerja lama dalam pemberian pelayanan yang tidak optimal dan efisien harus diganti dengan pola  kerja yang baru, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal," pinta Fatur Rahman.

Sementera Meiliana mengatakan, agar implementasi penerapan budaya kerja aparatur dapat lebih berhasil pada masing-masing  biro maupun SKPD, maka perlu langkah-langkah strategis antara lain memberi pemahaman dan penyamaan persepsi dalam melaksanakan program budaya kerja secara benar. 

"Yang terpenting  kita harus kompak dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing baik untuk para asisten maupun kepala biro harus melakukan koordinasi, sehingga pekerjaan dapat berjalan sesuai harapan," ujar Meiliana.

Dalam melaksanakan tugas dan pelayanan, Meiliana juga meminta kepada seluruh aparatur agar melakukannya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Hal itu sangat penting agar bisa terhindar dari proses hukum. Bekerjalah dengan ikhlas sehingga apa yang dilaksanakan khsusunya dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat bisa menjadi amal ibadah.

Acara sertijab juga dirangkai dengan  perkenalan Kepala Biro Umum yang baru S Adiyat, serta penyerahan memori pekerjaan antara Asisten Pemerintahan dengan Asisten Administrasi Umum. (mar/sul/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation