Sosialisasi di Atas Laut

Ist

Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat pada Minggu (14/6/2020) terus berkurang. Jumlahnya 113 pasien, tersebar di 9 kabupaten dan kota. Angka ini jauh berkurang dibanding periode Selasa (26/5/2020) atau dua hari setelah Hari Raya Idulfitri 1441 H. Ketika itu, jumlah pasien positif yang dirawat sebanyak 152 pasien.

"Jumlah pasien dirawat terus berkurang karena pasien yang sembuh lebih banyak dibandingkan pasien positif. Nah, kita jangan lagi menambah pasien yang positif itu," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim H Nazrin, Senin (15/6/2020).

Demi mencegah penyebaran virus berbahaya ini Gugus Tugas di semua kabupaten dan kota terus melancarkan aksi dalam bentuk sosialisasi dan pemantauan, termasuk melakukan rapid test massal di sejumlah lokasi.

Nazrin menambahkan, laporan dari Gugus Tugas Balikpapan telah dilakukan rapid test massal di Lapangan Merdeka yang dilakukan para petugas medis, lengkap dengan baju hazmat mereka. Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyaksikan langsung proses rapid test massal tersebut.

Rapid test juga dilakukan di Puskesmas Baru Tengah dan Baru Ulu. 

Dari 87 orang yang mengikuti rapid test, ditemukan satu orang dengan hasil reaktif. Kepada yang bersangkutan akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab. 

Dari Kota Bontang juga dilaporkan, Gugus Tugas setempat terus lakukan penjagaan dan sosialisasi agar "Zero Case" bisa terus dipertahankan. 

Penjagaan sudah dimulai dari Tugu Selamat Datang Bontang. Setiap orang yang melintas dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun.

Setiap malam  Gugus Tugas Bontang juga melakukan razia  dan rapid test di cafe dan warung tempat berkumpul banyak orang. 

"Mereka juga lakukan pemantauan rutin sebelum pelaksanaan ibadah di rumah-rumah ibadah,"  tambah Nazrin.

Sosialisasi dan dialog tentang protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 juga dilakukan Ketua Gugus Bontang, Neni Moerniaeni ke permukiman penduduk di atas laut, Tihi-Tihi dan Selangan. Sedangkan di Samarinda, Gugus Tugas melakukan pemantauan ke sejumlah mal yang mulai ramai dipadati pengunjung. (sul)

Berita Terkait