Suarakan Otsus Lewat Baca Puisi

Suarakan Otsus Lewat Baca Puisi

 

SAMARINDA - Berbagai  cara  dilakukan Pemprov Kaltim  guna mengajak masyarakat mendukung dan memperjuangkan otonomi khusus  (Otsus) yang sekarang terus bergelora. Satu cara yang diambil adalah dengan menyuarakan aspirasi otsus  melalui lomba baca puisi. Lomba yang diselenggarakan  Jumat (17/1) di depan Kantor Gubernur Kaltim tersebut diikuti 42 peserta dari eselon II, 12 peserta, eselon III dan IV masing-masing 15  peserta.

Gubernur Awang Faroek Ishak  mengatakan, membaca puisi merupakan cabang seni yang mampu mengungkapkan isi perasaan, pikiran seorang manusia dengan menggunakan bahasa yang puitis  sarat makna dan menyentuh  perasaan. Oleh karena itu melalui lomba baca puisi masyarakat diajak untuk mendukung perjuangan otsus.

“Puisi sangat baik untuk memperkuat karakter  yang santun dan damai. Saya menantang para seniman dan budayawan untuk  bersama-sama membuat puisi mengenai otonomi khusus dan nanti akan dibacakan di DPR RI Jakarta  dan di hadapan Presiden RI," kata Awang Faroek. 

Ketua umum penyelenggara HUT Provinsi Kaltim ke-58 tahun 2015, Aji Sayid Fatur Rahman mengatakan, lomba baca puisi  diikuti para pejabat eselon II, III, dan IV dengan mengusung tema otsus. 

Peserta begitu antusias berpuisi, hingga  membuat hati bergetar dan merinding mendengarnya. Adapun latar belakang diadakan lomba puisi ini adalah untuk melatih otak kanan dan menciptakan rasa. Sementara pilihan tema otsus sangat tepat dengan kondisi saat ini dimana Pemprov Kaltim sedang bergerak untuk memperjuangkan otsus bagi rakyat Kaltim.

“Kaltim kini telah berusia 58 tahun, yang selama ini kita ibarat dianaktirikan oleh pusat. Sekarang saatnya kita bangkit. Lewat puisi ini kita bisa menyalurkan aspirasi  masyarakat dan kita  harapkan perjuangan Kaltim untuk mendapatkan keadilan  dari pusat bisa terealisasi, sesuai apa yang kita harapkan bersama,"kata Fatur.

Adapun pemenang lomba baca puisi sebagai berikut, Kategori Eselon II Juara 1 Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim, Juara 2 Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Abdullah Sani, Juara 3 Kepala Dinas Sosial Siti Rusmalia Idrus.

Kategori Eselon III Juara 1 Riani Trisnadewi perwakilan BPMPD  Kaltim, Juara 2 HM Guntur perwakilan UPTD Taman Budaya  Kaltim, Juara 3 Siti Sugiyanti perwakilan Bappeda Provinsi Kaltim. Kategori Eselon IV Juara 1 Fachmi Rozano perwakilan BP2KB  Kaltim, Juara 2  Azhari perwakilan Disbudpar Kaltim dan Juara 3 Rima Kumari perwakilan Kemenkumham. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation