Sumbar dan Kalbar Belajar Sistem Pembangunan Daerah ke Kaltim

Sumbar dan Kalbar Belajar Sistem Pembangunan Daerah ke Kaltim

 

SAMARINDA-Sebagai provinsi terbaik dalam hal penyelenggaraan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) dan pelaksanaan Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (TEPPA) di tingkat nasional, Kaltim menarik perhatian Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) dan Kalimantan Barat (Kalbar) untuk belajar lebih jauh terkait sukses Kaltim tersebut.  

"Kami menyambut baik kunjungan Pemprov Sumbar dan Kalbar ini. Diharapkan melalui kunjungan ini mampu memberikan motivasi pemerintah Sumbar dan Kalbar untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di daerah dengan lebih baik lagi,” kata Asisten Bidang Pemerintahan Umum Pemprov Kaltim Aji Sayid Fatur Rahman saat memberikan sambutan saat kunjungan kerja Pemprov Sumbar dan Kalbar ke Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (3/9).

Fatur Rahman menjelaskan, prestasi ini tentu tidak diraih dengan mudah. Tetapi, perlu kerja keras, kerjasama dan koordinasi yang baik antara pemimpin daerah dan para pegawai. 

Setiap program, mulai dari perencanaan dilakukan dengan koordinasi yang baik antara pimpinan dan bawahan. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan di daerah berjalan baik.  Selain itu, gubernur sebagai pemimpin tertinggi di organisasi Pemprov Kaltim selalu melakukan evaluasi ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), termasuk untuk  urusan penyerapan anggaran di masing-masing unit organisasi pemerintah. 

“Jika ada SKPD yang serapan anggarannya tidak mencapai target, maka gubernur selalu memberikan teguran dan masing-masing SKPD segera melakukan perbaikan. Karena itu, sangat wajar Kaltim mampu menjadi yang terbaik untuk penyelenggaraan LAKIP dan TEPPA secara nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Pemprov Sumbar Muhammad Yani berharap dengan adanya kunjungan ini, mampu memberikan motivasi bagi Pemprov Sumbar untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di daerah mereka.

“Kami berharap bisa mendapat tambahan ilmu sehingga posisi enam besar dalam peringkat TEPPA tahun lalu bisa kami tingkatkan. Kami berharap Kaltim bisa berbagi ilmu dengan Pemprov Sumbar,” kata Muhammad Yani. 

Selain itu, Kepala Bagian Pengendalian Administrasi Pembangunan Biro Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Kalbar Liwono berharap dengan kunjungan ke Kaltim dapat berbagi pengalaman tentang penyelenggaraan pembangunan di daerah.

Terutama informasi dari jajaran Bappeda dan Biro Pembangunan Daerah Pemprov Kaltim dalam penyelenggaraan TEPPA.

“Kaltim meraih peringkat pertama TEPPA tingkat nasional. Kami berharap informasi bisa mendapat tambahan pengetahuan sehingga kami bisa melakukan pembenahan-pembenahan untuk hasil yang lebih baik,” jelas Liwono. (jay/sul/hmsprov)

 

Foto : Asisten Pemerintah Umum Setdaprov Kaltim Aji Sayid Fatur Rahman menerima kenang-kenangan dari Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Pemprov Sumbar di Ruang Pertemuan Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (3/9). (jaya/humasprov)

 

Berita Terkait