Tagana Harus Memiliki Kemampuan Berinteraksi

Tagana Harus Memiliki Kemampuan Berinteraksi

 

SAMARINDA – Setiap anggota taruna tanggap bencana (Tagana) harus memiliki kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi secara baik dengan masyarakat khususnya  bersosialisasi dan berhubungan dengan para korban bencana.

    “Kami terus meningkatkan kemampuan para anggota Tagana terutama kemampuan dalam melakukan pendampingan bagi korban bencana,” kata Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Ayi Hikmat saat mewakili Kepala Dinas Sosial Kaltim pada Pemantapan Petugas Pendamping Sosial di Samarinda, Rabu (19/11).

    Menurut dia, pendampingan yang dilakukan para anggota Tagana sebagai upaya untuk mengurangi resiko bencana baik bencana alam maupun sosial. Karena korban bencana biasanya dalam kondisi stress dan tertekan bahkan panik sebab telah mendapatkan musibah.

    Karena itu lanjut Ayi, maka setiap anggota Tagana perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik dalam melakukan pendampingan kepada para korban.

    Pendamping sosial bagi korban bencana merupakan bagian integral dan upaya strategis dalam pembangunan kesejahteraan  sosial. “Tagana selaku relawan di wilayah rawan bencana sekaligus menjadi pelayan bagi pengungsi di lokasi darurat bencana,” jelasnya.

    Sementara itu Ketua Panitia Achmad Rasyidi mengatakan pelatihan dilakukan agar tersedia petugas pendampingan sosial penanggulanganbencana alam khususnya pada bidang perlindungan sosial.

    “Diharapkan anggota Tagana selaku petugas perlindungan sosial memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas pendampingan terutama mengurangi risiko bencana dan pemulihan sosial korban bencana,” ujarnya.

    Pelatihan dan pemantapan petugas pendamping sosial dilaksanakan selama empat hari sejak 18-21 Nopember diikuti 40 peserta dari Balikpapan, Berau, Penajam Paser Utara, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara dengan pemateri dari Kementerian Sosial, Korem 091/ASN dan Kodim 0901 Samarinda dan Dinas Sosial Kaltim. (yans/sul/es/hmsprov).

Foto: Sejumlah anggota Tagana sebagai  peserta Pemantapan Petugas Pendamping Sosial (masdiansyah/humasprov).

 

Berita Terkait
Government Public Relation