Target 5 Besar Kaltim Tercapai

 

BANDUNG - Kontingen Kaltim dalam perhelatan PON XIX 2016 di Jawa Barat menempati peringkat 5 dalam perolehan medali. Suatu hal yang membanggakan karena Kaltim sukses memenuhi target. 

Ketua Kontingen Kaltim Zuhdi Yahya menyebutkan bahwa Kaltim berhasil mencapai target peringkat lima besar dengan raihan medali sebanyak 25 emas, 41 perak dan 73 perunggu. Kaltim berada di peringkat 5 dibawah Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur dan tuan rumah Jawa Barat.

"Kaltim selain berhasil mencapai target lima besar, juga berhasil menjadi yang terbaik di luar Pulau Jawa," katanya.

Sukses ini tetap harus diapresiasi mesi target awal adalah 40-50 medali emas, namun hanya separuhnya yang bisa dipenuhi.

"Memang hanya separuh dari target medali emas. Namun, target lima besar yang diinginkan telah tercapai," tegasnya.

Zuhdi membeberkan Kaltim sempat terpuruk hingga peringkat 14 di hari pertama. Namun, perlahan kontingen Kaltim terus mendulang medali hingga akhirnya Kaltim sukses menutupnya di posisi 5 besar.

“Tim Kaltim sempat mengalami krisis medali karena beberapa cabor yang dipertandingkan bukan termasuk cabor andalan Kaltim. Namun, berkat perjuangan para atlet, akhirnya kita berhasil mencapai target. Keberhasilan dalam mencapai target ini juga karena motivasi Gubernur dan Wakil Gubernur yang terus memberikan motivasi kepada kontingen dan juga dukungan dari semua unsur yang terlibat," katanya.

Lebih lanjut, Zuhdi menambahkan bahwa hasil dari perhelatan PON tahun ini akan menjadi bahan evaluasi mempersiapkan atlet menghadapi PON XX di Papua,  2020 mendatang.

"Sepulang dari Jawa Barat, kita akan lakukan evaluasi untuk semua cabor, baik yang atletnya menyumbangkan medali maupun yang gagal," katanya. (rus/sul/humasprov)

Berita Terkait