TCM Corona di Kaltim segera Difungsikan

Andi M Ishak

SAMARINDA - Ditarget pada April ini alat untuk pengujian virus Corona (Covid-19) di beberapa rumah sakit rujukan di Kaltim segera dioperasionalkan atau difungsikan. Alat tersebut berupa Tes Cepat Molekuler (TCM) yang selama ini untuk pemeriksaan pasien tuberculosis (TBC). Selanjutnya, difungsikan atau diset up untuk mengidentifikasi paparan virus Corona.

 

 

"Ada alat lain lagi yang akan di set up di April ini untuk pengujian covid yaitu TCM," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim H Andi Muhammad Ishak via WhatsApp terkait bantuan peralatan tes Covid dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) untuk Kaltim, Jumat (17/4). Dijelaskan Andi, menurut Kemkes akhir April ini cartride untuk TCM sudah datang dan set up alat akan dilakukan secara online. "TCM ini pada tahap pertama akan dioperasionalkan di tujuh rumah sakit. Terutama rumah sakit di Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Berau, Paser dan Bontang," sebutnya.

 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim ini menambahkan keberadaan PCR (Polymerase Chain Reaction) sudah lama di RSUD AW Sjahranie Samarinda. Namun, alat dari Kemkes ini lebih digunakan untuk pemeriksaaan pasien HIV/AIDS.

 

"Sebenarnya alat PCR ini pengadaan Kemkes sudah ada di AWS selama ini. Tapi untuk pemeriksaaan HIV, sekarang akan di-set up lagi oleh Kemkes untuk pemeriksaan covid. Tapi tidak bulan ini, diutamakan untuk daerah yang kasusnya besar dulu sambil menunggu kedatangan reagennya," ungkap Andi.

 

Untuk Kaltim disebutkan Andi, cuma ada satu unit yaitu di RSUD AW Sjahranie Samarinda. Namun, kondisi pandemi virus corona bisa dioptimalkan untuk pemeriksaan di wilayah Kaltim.

"Insyaa Allah jika reagen sudah tersedia siap dioperasionalkan. Karena ini (reagen) kebutuhan sedunia," ujar Andi. (yans/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation