Kalimantan Timur
Terapkan Physical Distancing, Tetap Operasi Pasar

Ist

SAMARINDA - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM  Provinsi Kaltim menggelar operasi pasar gula pasir dan minyak goreng  (migor) yang dilaksananakan di halaman Kantor Disperindagkop dan UKM Kaltim, Senin (4/5/2020). Operasi pasar ini bertujuan untuk menekan masih tingginya harga gula pasir.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim Fuad Assadin mengatakan  harga gula pasir di pasaran saat ini cenderung tinggi. Untuk itu, Pemprov Kaltim melalui  Disperindagkop dengan menggandeng distributor gula melakukan operasi pasar gula pasir  dengan harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan harga di pasaran.

Harga gula pasir saat ini di pasaran berkisar antara Rp 18  ribu sampai Rp 19 ribu per kg. Sementara operasi pasar   dilakukan dengan  harga jual yang sangat terjangkau yaitu   Rp 12.500 per kg untuk gula pasir, minyak goreng  12.500 per liter dengan pembelian maksimal 2 kilogram dan 2 liter.  

"Kegiatan  ini untuk menekan  harga gula di pasaran dan membantu masyarakat yang  terdampak Covid-19 di Kaltim, khususnya Samarinda,”  kata  Fuad  Assadin.

Selain operasi operasi pasar gula pasir, lanjut Fuad Assadin, Pemprov Kaltim melalui Disperindag  dan UKM Kaltim, dalam waktu dekat juga akan melaksanakan operasi pasar murah dengan menggandeng beberapa distributor pada 20 titik di beberapa daerah.

“Insyaallah, dalam waktui dekat ini, kita juga akan menggelar operasi pasar murah, dimana untuk pembukaannya akan dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi,” ungkap Fuad Assadin.

Pelaksanaan operasi pasar murah yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19

tetap memperhatikan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19  yaitu dengan  tetap menerapkan physical distancing  (jaga  jarak) dan mengenakan masker. Termasuk menyiapkan hand sanitizer  dan tempat mencuci tangan.  

Operasi pasar akan berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa, (4-5/5/2020)

“Masyarakat yang datang diharuskan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang telah disediakan . Masyarakat juga wajib memakai masker," kata Fuad.

Pelaksanaan operasi pasar  gula pasir dan minyak goreng  berjalan tertib dan lancar dalam antrian dan jaga jarak sesuai protokol kesehatan..(mar/sul/humasprov kaltim)  

Berita Terkait